foto
 

    Hakim Agung AS Meninggal Dunia

    19 September 2020 17:08 WIB
    Washington: Hakim Agung Amerika Serikat Ruth Bader Ginsburg meninggal dunia pada Jumat, 19 September 2020 waktu setempat.

    Ginsburg, yang telah menjadi hakim agung sejak 1993, meninggal dunia di usia 87 tahun, akibat komplikasi  kanker pankreas metastasis, demikian pernyataan pihak Mahkamah Agung AS.

    Ginsburg adalah pejuang hak-hak perempuan yang kemudian menjadi ikon bagi kaum liberal di AS. Kepergiannya dapat secara tiba-tiba mengubah keseimbangan ideologis di badan peradilan tertinggi itu dengan menggeser lebih jauh ke aliran kanan.

    Dikenal dengan inisial nama RBG, beberapa tahun belakangan ini Ginsburg muncul seperti ikon populer yang gambarnya tercetak pada cangkir kopi, kaos, dan buku anak-anak.

    Semasa Ginsburg menjabat, Mahkamah Agung AS diisi oleh 5-4 anggota konservatif versus liberal. Kini, dengan kandidat dari Trump, lembaga itu diperkirakan akan mempunyai proporsi 6-3 dengan penambahan pada konservatif.

    Beberapa ratus orang pada Jumat malam menggenggam lilin, bunga, dan karton dengan tulisan ucapan duka berkumpul di depan gedung Mahkamah Agung AS di Washington, sebagai penghormatan terakhir untuk RBG. 

    Acara penghormatan juga digelar di New York, dengan gambar Ginsburg dan pesan bertuliskan 'thank you' (terima kasih) dan 'rest in power' (istirahatlah dalam kekuatan) bergantian muncul lewat proyeksi di depan gedung Pengadilan Tinggi Sipil Negara Bagian New York di Manhattan.

    Aksi diam tersebut kontras dengan pertarungan politik yang akan berlangsung tak lama lagi, khususnya untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Ginsburg, di samping pemilu presiden pada 3 November mendatang. AFP PHOTO/Mandel Ngan/Jim Watson/Saul Loeb/Nicholas Kamm

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id