comscore
foto
 

    Tokoh Anti-Apharteid Desmon Tutu Meninggal

    26 Desember 2021 17:14 WIB
    Cape Town: Desmond Tutu, tokoh anti-apartheid Afrika Selatan sekaligus penerima Nobel Perdamaian, meninggal dunia pada usia 90 tahun, Minggu, 26 Desember 2021. Hal tersebut diumumkan oleh Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa.

    "Meninggalnya Uskup Agung Emeritus Desmond Tutu adalah babak lain dari duka dalam perpisahan bangsa kita dengan generasi Afrika Selatan yang luar biasa, yang telah mewariskan kepada kita Afrika Selatan yang telah dibebaskan," katanya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir AFP.

    Presiden Ramaphosa mengatakan Tutu adalah "seorang pemimpin spiritual ikonik, aktivis anti-apartheid dan juru kampanye hak asasi manusia global".

    Semasa hidupnya, Tutu dikenal sebagai aktivis penentang apartheid terkemuka. Aktivis kelahiran 7 Oktober 1931 ini tak hentinya melawan apartheid dengan cara non-kekerasan.

    Desmond Tutu tercatat sebagai uskup kulit hitam pertama di Johannesburg. Ia kemudian menjadi Uskup Agung Cape Town.

    Desmond Tutu didiagnosis menderita kanker prostat sejak 1997. Sejak 2015, ia beberapa kali mesti menjalani rawat inap akibat penyakitnya.

    Beberapa tahun belakangan, Tutu menikmati masa akhir hidupnya dengan tinggal bersama keluarga di kompleks pensiunan di luar Cape Town. AFP Photo/Jennifer Bruce/John Stillwell/Rodger Bosch/Gianluigi Guercia

    (KHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id