comscore
foto

Unjuk Rasa Berubah Jadi Kerusuhan, Kazakhstan Umumkan Keadaan Darurat

05 Januari 2022 09:56 WIB
Almaty: Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev mengumumkan keadaan darurat selama dua pekan di Almaty, kota terbesar di negara Asia Tengah itu, dan di Provinsi Mangistau di bagian barat tempat protes berubah menjadi kekerasan. Protes terjadi untuk menentang kenaikan harga energi.

Jam malam akan diberlakukan di kedua wilayah dari pukul 23:00 hingga 7:00. 

"Seruan-seruan untuk menyerang kantor pemerintah dan militer benar-benar ilegal," kata Tokayev dalam pidato lewat video beberapa jam sebelumnya. "Pemerintah tidak akan jatuh, tapi kami ingin saling percaya dan dialog daripada konflik."

Saat dia berbicara, polisi di Almaty menggunakan gas air mata dan granat kejut untuk menghentikan ratusan pengunjuk rasa yang menyerbu kantor wali kota.

Aplikasi Messenger Telegram, Signal dan WhatsApp semuanya tidak tersedia di negara Asia Tengah pada hari Rabu, sementara dua situs media independen yang melaporkan protes tampaknya telah diblokir.

Protes yang lebih kecil telah terjadi sebelumnya di kota-kota di seluruh republik berpenduduk 19 juta orang sejak Minggu, 2 Januari 2022, dimulai dengan Kota Zhanaozen di Mangystau.

Pemerintah negara kaya minyak itu mengumumkan Selasa, 4 Januari 2022 malam bahwa pihaknya memulihkan beberapa plafon harga bahan bakar gas cair (LPG), setelah protes yang jarang terjadi mencapai Almaty menyusul kenaikan tajam harga bahan bakar pada awal tahun.

Banyak orang Kazakhstan mengonversi mobil mereka menggunakan LPG, yang jauh lebih murah daripada bensin sebagai bahan bakar kendaraan di Kazakhstan karena plafon harga. Tapi pemerintah berargumen bahwa harga rendah tidak berkelanjutan dan menghapus batas atas harga itu pada 1 Januari. AFP PHOTO/Rusian Pryanikov/Abduaziz Madyarov

(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id