foto
 

    Peringatan Setahun Kematian Komandan Militer Iran Qasem Soleimani

    03 Januari 2021 18:34 WIB
    Teheran: Hari ini, Minggu, 3 Januari 2021, tepat setahun meninggalnya Komandan Brigade Quds IRCG, Mayor Jenderal Qasem Soleimani yang dibunuh lewat serangan udara yang dilancarkan militer Amerika Serikat (AS) di Baghdad, Irak. Iran melalui Kedubesnya di Jakarta pun kembali mengutuk aksi AS.

    Sekelompok massa memberikan penghormatan kepada mendiang jenderal tertinggi Iran tersebut. Kematiannya menimbulkan duka mendalam serta kemarahan bagi warga Iran dan Irak.

    Media nasional Iran merilis artikel yang menyebutkan bahwa sejumlah negara selain Amerika Serikat turut bertanggung jawab atas kematian Mayor Jenderal Qassem Soleimani. Negara-negara tersebut meliputi Irak, Suriah, Lebanon, Yordania, Kuwait, Qatar, Jerman, dan Inggris.

    Kedubes Iran menuturkan, Qasem Soleimani merupakan simbol dan pahlawan anti terorisme di kawasan Timur Tengah. Qasem Soleimani, disebutnya berjasa dalam memerangi ISIS dan kelompok takfiri di Suriah dan Irak.

    Menurut Kedubes Iran, tindakan AS merupakan teror terhadap pejabat negaranya. Aksi pembunuhan terhadap Qasem Soleimani, juga dianggap sebagai bentuk nyata aksi terorisme negara.

    Kedubes Iran juga mengungkapkan, aksi teror terhadap Qasem Soleimani yang tengah berkunjung ke Baghdad merupakan pelanggaran terhadap kedaulatan negara Irak. Tindakan itu, menurutnya, akan membuat meningkatnya rasa ketidakamanan di kawasan tersebut. AFP Photo/Mohammed Huwais/Mohammed Sawaf/Ali Najafi

    (KHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id