comscore
foto

Tragis! 43 Napi Meninggal, 108 Kabur Dalam Kerusuhan di Penjara Ekuador

10 Mei 2022 07:02 WIB
Jakarta: Sedikitnya 43 narapidana meninggal dan 108 lainnya melarikan diri dalam kerusuhan di penjara terbaru di Ekuador, Senin, 9 Mei 2022 waktu setempat.

"Untuk saat ini ada 43 narapidana yang tewas," kata kantor kejaksaan di Twitter, menambahkan bahwa situasinya berkembang. "Selama kerusuhan, puluhan narapidana mencoba melarikan diri."

Pihak berwenang mengatakan perkelahian pecah antara geng Los Lobos dan saingannya R7 di dalam penjara Bellavista di Santo Domingo de los Colorados, sekitar 80 kilometer (50 mil) dari Quito.

Kepala polisi Fausto Salinas mengatakan kepada wartawan bahwa 108 orang melarikan diri, sementara 112 tahanan berhasil ditangkap kembali.

Otoritas penjara negara Amerika Selatan SNAI mengatakan telah mengaktifkan protokol keamanan untuk menahan gangguan ketertiban.

Menteri Dalam Negeri Patricio Carrillo awalnya mengatakan kepada wartawan bahwa dua narapidana telah meninggal, sebelum kemudian meningkatkan angka itu menjadi 41 orang. 

Dia juga mengatakan 13 orang telah dibawa ke rumah sakit, beberapa dengan luka serius, dan kemungkinan jumlah (meninggal) akan meningkat.

Carrillo awalnya mengklaim pihak berwenang berhasil mengendalikan situasi dan bahwa semua tahanan yang melarikan diri telah ditangkap kembali.

Narapidana dengan luka di wajah dibawa dengan truk dan ambulans ke fasilitas medis sementara anggota keluarga napi berkumpul di penjara untuk mencari informasi, kata wartawan AFP di tempat kejadian.

Salinas mengatakan 200 polisi, 200 tentara, dan bala bantuan tambahan sedang dalam perjalanan untuk meredam kerusuhan. AFP PHOTO/Ecuadorean Interior Ministry/Juan Carlos Perez

(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id