foto
 

    Penambang Tanzania Temukan Batu Mulia Senilai Rp44 Miliar

    26 Juni 2020 11:28 WIB
    Manyara: Seorang penambang skala kecil di Tanzania kaya mendadak  setelah menemukan dua buah batu mulia langka tanzanite. Dua batu tersebut juga merupakan yang terbesar yang pernah ditemukan di negara tersebut. Penambang tersebut kemudian menjualnya kepada pemerintah.

    Saniniu Kuryan Laizer, 52, menemukan batu yang masing-masing seberat 9,27 dan 5,1 kilogram tersebut di perbukitan Mirerani utara, area yang dipagari Presiden John Magufuli pada 2018 untuk menghentikan penyelundupan permata.

    Dia menjualnya kepada pemerintah seharga 7,7 miliar shilling Tanzania (hampir USD3,3 juta atau sekitar Rp44 miliar).

    Tanzanite pertama kali ditemukan di kaki bukit Kilimanjaro pada 1967, dan wilayah Tanzania utara Manyara adalah satu-satunya tempat di mana batu-batu mulia berwarna biru ungu tersebut ditemukan.

    Pada acara perayaan penemuan di Manyara pada hari Rabu, 24 Juni 2020, Menteri Pertambangan Dotto Biteko mengatakan batu-batu itu adalah yang terbesar yang pernah ditemukan di negara itu. "Laizer adalah miliarder kami (shilling) dan marilah kita memastikan bahwa dia aman," katanya.

    Laizer mengatakan dia berharap menggunakan uang itu untuk mengembangkan komunitasnya. "Saya berterima kasih kepada Tuhan atas pencapaian ini karena ini adalah pertama kalinya mendapatkan batu sebesar ini. Ketika saya menemukanya, saya memberi tahu pejabat pemerintah yang akan membelinya dan hari ini mereka memanggil saya untuk pembayaran. "Saya berencana membangun mal di Arusha dan sekolah di dekat rumah saya," kata Laizer.

    Pemerintah menulis di Twitter bahwa batu-batu itu akan ditempatkan di museum nasional. AFP PHOTO/Filbert Rweyemamu

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id