comscore
foto
 

    Foto: Tugu Tiananmen Dipindahkan dari Universitas Hong Kong

    23 Desember 2021 22:52 WIB
    Hong Kong: Sejumlah petugas memindahkan Tugu Tiananmen yang dibuat oleh seniman Denmark Jens Galschit di Universitas Hong Kong (HKU), Kamis, 23 Desember 2021.

    Pemindahan dilakukan usai otoritas HKU memerintahkan tugu itu disingkirkan beberapa waktu lalu.

    Diketahui, patung yang berjudul Pillar of Shame tersebut dibuat oleh Galschit untuk mengenang para korban gerakan protes pro-demokrasi di Tiongkok pada 1989 yang berakhir dengan banyak korban tewas. 

    Patung setinggi delapan meter itu menggambarkan 50 tubuh yang saling bertumpuk dan terlihat kesakitan. Hal itu bukan tanpa alasan, patung Pillar of Shame ini dibuat untuk untuk mengenang peristiwa 4 Juni 1989. Saat itu, Tentara Pembebasan Tiongkok menyingkirkan para pengunjuk rasa prodemokrasi dari Lapangan Tiananmen, Beijing. Lebih dari ribuan pengunjuk rasa dilaporkan tewas akibat peristiwa berdarah tersebut. AP Photo/Kin Cheung.

    Diresmikan pada tahun 1997, patung Pillar of Shame yang juga dikenal sebagai Tugu Tiananmen ini pun diberikan kepada HK Alliance. Namun sayangnya HK Alliance bubar pada September 2021 lalu.

    Mereka didakwa berdasarkan UU Keamanan Nasional. Seperti diketahui, Partai Komunis yang berkuasa menghentikan segala diskusi publik atau peringatan peristiwa itu di daratan China. Selama bertahun-tahun pun, satu-satunya peringatan besar di daratan China adalah nyala lilin tahunan di Hong Kong. Tetapi pemerintah telah melarang pertemuan itu selama dua tahun belakangan. 

    Pada bulan Oktober lalu, otoritas HKU telah memerintahkan penyingkiran Tugu Tiananmen. Mengetahui hal tersebut, Jens Galschit sebagai pembuat patung Pillar of Shame mengatakan dirinya telah menyewa seorang pengacara lokal untuk menyelamatkan karyanya tersebut. Galschit bahkan mengatakan upaya menyingkirkan patung buatannya itu sebagai serangan terhadap seni dan ingatakan tindakan keras Tiananmen.

    Namun, hari ini, Tugu Tiananmen dipindahkan dari Universitas Hong Kong. Sejumlah petugas pun dikerahkan untuk memindahkan patung tersebut dari Universitas Hong Kong. AFP Photo/Yan Zhao/Peter Parks

    (KHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id