foto
 

    Rusia Mulai Vaksinasi Massal Covid-19 dengan Sputnik V

    05 Desember 2020 19:53 WIB
    Moskow: Otoritas Rusia menyalurkan vaksin  anti covid-19, Sputnik V, ke 70 klinik dan memulai vaksinasi massal untuk warga setempat.

    Satgas penanggulangan covid-19 Kota Moskow mengatakan Sputnik V, vaksin yang dibuat di Rusia, akan diberikan pada dokter dan tenaga kesehatan, guru, serta pekerja sosial. Pasalnya, mereka merupakan kelompok yang dianggap rentan terkena covid-19.

    "Jika Anda bekerja di lembaga pendidikan, Anda merupakan orang yang diutamakan untuk mendapatkan vaksin covid-19, gratis," demikian isi pesan singkat yang diterima warga Moskow yang adalah seorang guru sekolah dasar, Sabtu, 5 Desember 2020.

    "Lima jam pertama sejak vaksinasi dibuka, 5.000 orang telah mendaftar untuk divaksinasi guru, dokter, pekerja sosial, dan mereka yang hari ini telah mempertaruhkan nyawa (untuk melayani masyarakat, red)," kata Wali Kota Moskow Sergei Sobyanin.

    Usia yang diperkenankan menerima vaksin dibatasi maksimal 60 tahun. Warga yang memiliki masalah kesehatan, ibu hamil, dan mereka yang memiliki penyakit pernapasan dalam dua minggu terakhir tidak diperbolehkan ikut vaksinasi.

    Vaksin Sputnik V diberikan sebanyak dua kali dan suntikan kedua diberikan pada 21 hari setelah vaksinasi pertama.

    Rusia telah mengembangkan dua vaksin covid-19, yaitu Sputnik V yang didanai oleh Dana Investasi Langsung Rusia dan satu vaksin lainnya yang dikembangkan oleh Ventor Institute di Siberia. Sejauh ini, uji tahap III untuk dua vaksin tersebut belum selesai.

    Sejumlah ahli menyampaikan kekhawatiran mereka terhadap kebijakan Pemerintah Rusia yang mengizinkan penggunaan vaksin padahal hasil uji klinis tahap III belum diketahui. Uji klinis tahap III merupakan tahapan terakhir yang harus dilalui demi mengetahui keamanan dan keampuhan calon vaksin.

    Peluncuran vaksinasi massal dimulai ketika Rusia mencatat rekor harian baru untuk pasien terinfeksi covid-19. pada Jumat, 5 Desember 2020, tercatat sebanyak 28.782  orang terinfeksi covid-19, sehingga nasional mencapai 2.431.731 kasus, terbanyak keempat di dunia. AFP PHOTO/Kirill Kudryavtsev

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id