foto
 

    Universitas Cambridge Kembalikan Artefak yang Dijarah dari Nigeria

    28 Oktober 2021 12:08 WIB
    Jakarta: Universitas Cambridge mengatakan akan mengembalikan patung ayam jantan perunggu yang dijarah dari Nigeria, yang menjadi fokus protes atas simbol-simbol masa lalu kolonial Inggris.

    Artefak yang dikenal sebagai 'Okukor' ini diambil pada 1897 silam dari bekas kerajaan Benin, yang sekarang menjadi bagian dari Nigeria selatan, dan diberikan kepada Jesus college pada 1905 oleh ayah dari seorang siswa.

    Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari Rabu, perguruan tinggi tersebut mengatakan bahwa rekomendasi untuk mengembalikannya dibuat oleh kelompok kerja yang menyelidiki warisan perbudakan.

    "Pusaka leluhur kerajaan ini milik Oba (raja) saat ini di Istana Benin," katanya, seraya menambahkan bahwa rincian bagaimana dan kapan akan dikembalikan belum diselesaikan.

    Patung itu dihapus dari tampilan pada 2016 menyusul protes oleh mahasiswa, yang mengatakan patung itu dijarah oleh pasukan Inggris selama ekspedisi hukuman sebagai pembalasan atas pembunuhan petugas.

    Bangsawan Nigeria di Kota Benin telah berulang kali menyerukan pengembalian ratusan artefak kuno, yang dikenal sebagai Perunggu Benin, yang dijarah oleh Inggris pada abad ke-19.

    Potongan-potongan yang sangat dekoratif, yang menggambarkan oba dan abdi dalemnya dari abad sebelumnya, masih disimpan di museum-museum terkemuka di seluruh dunia, termasuk British Museum di London.

    Ada penolakan terhadap pengembalian apa pun dari institusi barat, terutama karena kekhawatiran tentang bagaimana harta berharga itu akan dipertahankan.

    Tetapi adik laki-laki dari oba saat ini, Pangeran Edun Akenzua, mengatakan: "Jika seorang pria mencuri mobil saya dan mengakui bahwa dia mencurinya dan mengembalikannya kepada saya, apa urusannya apakah saya punya garasi atau tidak. mobil? Artefak ini milik nenek moyang kita. Mereka harus dikembalikan kepada kita. Bukan urusan siapa-siapa bagaimana kita melestarikannya." AFP PHOTO/University of Cambridge

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id