comscore
foto
 

    Rumah Sastra Internasional Waseda Segera Dibuka Pekan Depan

    23 September 2021 20:37 WIB
    Tokyo: Sebuah perpustakaan yang didedikasikan bagi novelis kenamaan Jepang Haruki Murakami (72) akan segera dibuka pekan depan di Tokyo.

    Perpustakaan yang menyimpan karya tulis, kliping dan koleksi rekaman Murakami ini diharapkan akan menjadi tempat penelitian sastra, pertukaran budaya dan tempat nongkrong para penggemarnya.

    Perpustakaan Haruki Murakami yang akan dibuka pada 1 Oktober 2021 di Universitas Waseda, almamater Murakami, ini menampilkan replika ruang kerjanya dengan sebuah meja sederhana, deretan rak buku dan sebuah pemutar kaset.

    Selain itu, terdapat sebuah kafe yang dikelola oleh para mahasiswa yang menyajikan kopi roasting gelap kesukaannya.

    Para pengunjung akan disambut dengan selasar yang berbentuk seperti terowongan di gedung lima tingkat yang dirancang dan direnovasi oleh arsitek Kengo Kuma.

    Arsitek perancang stadion Olimpiade Tokyo ini merupakan salah satu penggemar Murakami. Menurut Kuma, terowongan merupakan penggambarannya atas cerita-cerita Murakami, yang tokoh protagonisnya kerap dilukiskan melakukan perjalanan antara kenyataan dan surealis.

    Perpustakaan yang resmi disebut Rumah Sastra Internasional Waseda ini kini menampung sekitar 3.000 buku, manuskrip dan materi lain Murakami. Ini termasuk karyanya yang telah diterjemahkan ke dalam puluhan bahasa asing dan sebagian koleksi rekaman masifnya.

    Di ruang tunggu di samping perpustakaan, dibangun ruang audio yang memamerkan koleksi rekaman Murakami. Beberapa di antaranya bercap ‘Petercat’, nama bar jazz yang ia kelola selulus dari Waseda.

    AFP Photo/Philip Fong

    (KHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id