foto
 

    SpaceX Berhasil Luncurkan 4 Astronaut ke Luar Angkasa

    16 November 2020 13:16 WIB
    Florida: SpaceX berhasil menerbangkan kru astronot untuk kedua kalinya menggunakan kapsul Crew Dragon. Peluncuran yang diberi nama Crew-1 ini sekaligus menandai misi pertama dari Crew Dragon untuk keperluan NASA mengirim orang dari dan ke International Space Station.

    Peluncuran Crew Dragon menggunakan roket Falcon 9 yang juga milik SpaceX. Adapun peluncuran dilakukan dari Kennedy Space Center di Florida, Amerika Serikat, Minggu, 15 November 2020, waktu setempat.

    Dalam misi ini, Crew Dragon membawa empat astronaut dengan tiga di antaranya berasal dari NASA, yakni Mike Hopkins, Victor Glover, dan Shannon Walker. Sementara satu astronot merupakan badan eksplorasi antariksa Jepang, JAXA, yakni Soichi Noguchi.

    Kapsul Naga di bagian atas dijuluki sebagai 'Resilience (Ketahanan)' oleh krunya mengingat banyak tantangan tahun ini, terutama Covid-19.

    Resilience akan mencapai stasiun luar angkasa Senin, 16 November 2020, malam dan tetap di sana hingga musim semi.

    Sementara itu, pendiri dan kepala eksekutif SpaceX, Elon Musk, sendiri masih harus mengisolasi diri karena kena virus korona, sehingga tak bisa memantau dari dekat peluncuran ini. Kebijakan NASA di Kennedy Space Center mewajibkan siapa pun yang dites positif virus Corona untuk dikarantina dan tetap terisolasi.

    Peluncuran hari Minggu, 15 November 2020, hanya beberapa bulan berselang setelah uji terbang dua pilot SpaceX. NASA berharap ini akan menjadi serangkaian rotasi kru yang panjang antara AS dan stasiun luar angkasa, setelah bertahun-tahun tertunda. Lebih banyak orang berarti lebih banyak penelitian sains di lab yang mengorbit, menurut para pejabat. AFP Photo

    (KHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id