comscore
foto

Banjir Bandang Terjang Ekuador, 24 Orang Meninggal Dunia

02 Februari 2022 14:15 WIB
Jakarta: Banjir terberat yang melanda Ekuador dalam dua dasawarsa telah mengakibatkan sedikitnya 24 orang meninggal dunia, menggenangi rumah-rumah, membanjiri mobil, dan menghanyutkan para atlet dan penonton di lapangan olahraga.

"Belasan orang hilang dan 48 terluka," kata layanan darurat SNGRE Ekuador di Twitter.

Rekaman video menunjukkan aliran air yang membawa batu, lumpur, dan puing-puing di jalan-jalan Quito, saat tim penyelamat membantu penduduk mengarungi arus deras untuk menyelamatkan diri.

Banyak orang di kota berpenduduk 2,7 juta orang itu dievakuasi ke tempat penampungan, sementara pihak berwenang mengumumkan tiga hari berkabung mulai Selasa, 1 Februari 2022.

Hujan yang mengguyur Quito selama 17 jam berturut-turut menyebabkan banjir yang merusak jalan, area pertanian, klinik, sekolah, kantor polisi, dan gardu listrik.

Wali Kota Quito Santiago Guarderas mengatakan hujan telah membanjiri bangunan resapan air di lereng bukit yang memiliki kapasitas 4.500 meter kubik tetapi digenangi dengan volume lebih dari empat kali lipat.

Kegagalan yang diakibatkannya menyebabkan banjir sepanjang satu kilometer (setengah mil) melalui lapangan olahraga di mana para pemain bola voli sedang berlatih dengan penonton di pinggir lapangan.

"Orang-orang yang sedang bermain tidak bisa melarikan diri. Tiba-tiba mereka terperangkap," kata saksi Freddy Barrios Gonzalez kepada AFP.

Belum diketahui berapa banyak pemain atau penonton di antara jumlah total yang tewas dan terluka. Tentara dengan anjing penyelamat sedang menjelajahi daerah sekitar lapangan untuk mencari korban selamat.

Kepala polisi Quito Cesar Zapata tidak menutup kemungkinan menemukan lebih banyak mayat di bawah ribuan meter kubik (kaki kubik) lumpur dan puing-puing yang ditinggalkan oleh banjir.
 AFP PHOTO/Rodrigo Buendia

(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id