foto
 

    Militer Myanmar Kembali Blokir Akses Internet untuk Kali Keempat

    16 Februari 2021 14:09 WIB
    Naypyidaw: Militer Myanmar kembali memblokir akses internet negaranya. Organisasi pengawasan internet, NetBloks yang berbasis di Inggris melaporkan bahwa Myanmar berada dalam "pemadaman internet hampir total" dari pukul 01.00 waktu setempat (18.30 GMT) pada Selasa, 16 Februari 2021.

    Ini merupakan pemadaman internet keempat di Myanmar sejak terjadinya kudeta pada 1 Februari lalu. Pemadaman dipandang sebagai upaya militer Myanmar atau Tatmadaw dalam membungkam suara kritik di dunia maya.

    Tanda-tanda pemutusan internet sudah terlihat usai sebuah penyedia layanan mengatakan kepada BBC Burmese bahwa akses daring menuju situs berita tersebut telah terblokir.

    Pemadaman terbaru ini sesuai dengan pola yang berupaya mengganggu gerakan menentang kudeta. Kudeta di Myanmar pada awal Februari dimulai dengan penahanan sejumlah pejabat tinggi, termasuk pemimpin de facto Aung San Suu Kyi.

    Akses ke media sosial Facebook di Myanmar ditutup tak lama usai kudeta. Setelahnya, warga Myanmar juga kesulitan mengakses Twitter dan Instagram.

    Kehadiran militer di tengah penentangan kudeta mulai meningkat. Di banyak lokasi strategis, jajaran prajurit mulai menggantikan peran polisi.

    Di kota Yangon, delapan kendaraan lapis baja terlihat berusaha menavigasi arus lalu lintas. Dalam beberapa kesempatan, sejumlah mobil warga membunyikan klakson dengan keras di dekat kendaraan militer sebagai bentuk protes.

    Unjuk rasa di Yangon terkonsentrasi di area bank sentral, kedutaan Tiongkok dan Amerika Serikat, serta markas partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) milik Suu Kyi.

    Sementara di kota Mandalay, terdapat laporan adanya petugas yang menembakkan peluru karet ke arah pengunjuk rasa pada Senin kemarin. Myo Ko Ko, seorang aktivis mahasiswa, mengatakan kepada BBC mengapa ia dan teman-temannya tetap turun ke jalan meski berisiko terkena tembakan petugas. AFP Photo/Sai Aung Main

    (KHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id