foto
 

    Ibu Kota Solomon Berlakukan Jam Malam Pasca-Tiga Hari Dilanda Kerusuhan

    26 November 2021 17:45 WIB
    Jakarta: Jam malam mulai berlaku di ibu kota Kepulauan Solomon, Honiara, Jumat, 26 November 2021, setelah hari ketiga kekerasan yang membuat rumah perdana menteri diserang dan petak-petak kota menjadi puing-puing yang membara.

    Polisi melepaskan tembakan peringatan dan gas air mata untuk membubarkan perusuh yang berbaris di rumah PM Manasseh Sogavare di timur ibu kota tepi laut yang biasanya sepi. "Massa membakar setidaknya satu bangunan di dekatnya sebelum kembali ke pusat kota," kata wartawan AFP.

    Kemudian, polisi dan tentara Australia yang baru tiba bergerak untuk memulihkan ketertiban, melindungi infrastruktur penting dan memberikan kehadiran yang sangat terlihat dan bersenjata lengkap di jalan-jalan.

    Saat hujan turun di sore hari, pihak berwenang setempat bergerak untuk membasmi bara kekerasan, menyatakan jam malam di Honiara yang akan tetap berlaku sampai dicabut.

    Massa telah mengabaikan penguncian 36 jam sebelumnya, dengan ribuan orang - beberapa mengacungkan kapak dan pisau - berkeliaran di Chinatown kota, Point Cruz dan distrik bisnis, menurut koresponden AFP di tempat kejadian.

    Ledakan kekerasan sebagian merupakan akibat dari frustrasi dengan pemerintah Sogavare dan pengangguran kronis -- diperburuk oleh pandemi yang sudah berlangsung selama dua tahun.

    "Kebanyakan orang hampir tidak mendapatkan satu kali makan sehari, tidak ada turis dan sangat sedikit stimulus ekonomi," kata Douglas Kelson, kepala petugas di Layanan Ambulans St John, kepada AFP.

    "Orang-orang melakukan hal-hal yang biasanya tidak mereka lakukan ketika mereka lapar," kata Kelson, meskipun dia hanya melihat sedikit cedera. AFP PHOTO/Charley Piringi/Jay Liofasi

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id