foto
 

    Tiga Meninggal, 30 Terluka dalam Kebakaran Pabrik di Bangladesh

    09 Juli 2021 14:31 WIB
    Dhaka: Kebakaran hebat melanda sebuah pabrik di Bangladesh yang mengakibatkan sedikitnya tiga orang meninggal dunia dan melukai 30 lainnya, Kamis, 8 Juli 2021. 

    Tidak jelas berapa banyak orang yang terjebak di dalam, meskipun kerabat yang putus asa di luar dan pekerja pabrik lainnya mengatakan mereka khawatir orang lain mungkin masih ada di dalam bangunan.

    Polisi dan saksi mata mengatakan kebakaran terjadi di pabrik Makanan dan Minuman Hashem di Rupganj, sebuah kota industri di luar Dhaka, sekitar pukul 17.00 (1100 GMT). Api masih berkobar hingga Jumat pagi. "Tiga orang meninggal setelah mengalami luka bakar," kata Jayedul Alam, kepala polisi daerah. 

    "Sedikitnya 30 orang terluka termasuk beberapa yang melompat dari lantai atas setelah api cepat menjalar ke pabrik enam lantai itu," kata Inspektur Polisi Sheikh Kabirul Islam.

    Polisi awalnya mengatakan puluhan pekerja masih hilang tetapi kemudian ditarik kembali dan mengatakan mereka tidak yakin berapa banyak yang belum ditemukan.

    Petugas pemadam kebakaran menyelamatkan 25 orang dari atap pabrik, yang memproduksi mie dan minuman, tetapi tidak dapat memastikan korban lebih lanjut.

    "Begitu api dapat dikendalikan, kami akan melakukan operasi pencarian dan penyelamatan di dalam. Kemudian kami dapat memastikan adanya korban lebih lanjut, jika ada," kata Debashish Bardhan, juru bicara dinas pemadam kebakaran.

    Mohammad Saiful, seorang pekerja pabrik yang lolos dari kebakaran, mengatakan ada lusinan orang di dalam saat kobaran api dimulai.  "Di lantai tiga, gerbang di kedua tangga ditutup. Rekan lain mengatakan ada 48 orang di dalam. Saya tidak tahu apa yang terjadi pada mereka," katanya.

    Mamun, pekerja lain, mengatakan dia dan 13 pekerja lainnya berlari ke atap setelah kebakaran terjadi di lantai dasar dan asap hitam menutupi seluruh pabrik. "Petugas pemadam kebakaran menurunkan kami dengan menggunakan tali," katanya kepada wartawan.

    Kebakaran sering terjadi di Bangladesh karena lemahnya penegakan aturan keselamatan. Pada Februari 2019 70 orang meninggl ketika kobaran api melanda beberapa blok apartemen Dhaka.
     AFP PHOTO/Munir Uz zaman

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id