comscore
foto

Korut Kembali Uji Rudal Hipersonik

12 Januari 2022 08:08 WIB
Jakarta: Korea Utara kembali menembakkan sebuah rudal hipersonik pada Selasa, 11 Januari 2022. Ini merupakan peluncuran kedua negara bersenjata nuklir tersebut dalam waktu kurang dari seminggu.

Uji coba tersebut diawasi langsung oleh pemimpin Kim Jong Un dan dikelilingi pria berseragam militer. "Rudal tersebut membawa kendaraan meluncur hipersonik yang mencapai target yang ditetapkan di perairan 1.000 km," kata kantor berita resmi Korea Central News Agency (KCNA).

“Kemampuan manuver yang unggul dari kendaraan luncur hipersonik lebih mencolok diverifikasi melalui uji tembak terakhir,” kata laporan itu.

Foto-foto yang diposting di situs web Rodong Sinmun, surat kabar resmi Partai Buruh yang berkuasa, menunjukkan rudal itu meluncur dari darat.

Militer Korea Selatan mengatakan peluncuran Selasa telah mencapai kecepatan hipersonik dan menunjukkan tanda-tanda yang jelas kemajuan dari tes minggu lalu.

Korut pertama kali menguji rudal hipersoniknya pada September, bergabung dengan negara-negara militer besar lain dalam perlombaan senjata canggih.

Senjata hipersonik biasanya meluncur ke arah sasaran pada ketinggian yang lebih rendah ketimbang rudal balistik dan mampu melesat lebih dari lima kali kecepatan suara atau sekitar 6.200 km per jam. Hal ini membuatnya lebih sulit untuk dilacak dan dicegat.

Uji coba hari Selasa itu dilakukan saat Dewan Keamanan PBB bertemu di New York untuk membahas program senjata Pyongyang menyusul uji coba pekan lalu.

Korut belum menguji bom nuklir atau rudal balistik antarbenua (ICBM) sejak 2017. Namun, dalam beberapa tahun terakhir negara itu telah mengembangkan dan meluncurkan sejumlah rudal dan hulu ledak dengan kemampuan manuver lebih tinggi yang kemungkinan dirancang untuk mengatasi pertahanan rudal seperti milik Korea Selatan dan AS. AFP PHOTO/

(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id