foto
 

    Potret Sisa-sisa Fosil Neanderthal yang Ditemukan di Gua Italia

    08 Mei 2021 23:00 WIB
    Roma: Kementerian Kebudayaan Italia, Sabtu, 8 Mei 2021 mengumumkan bahwa pihaknya menemukan sisa-sisa fosil dari sembilan pria Neanderthal di sebuah gua di Italia. Ini merupakan sebuah penemuan besar dalam studi sepupu kuno manusia.

    Semua individu yang ditemukan di Gua Guattari di San Felice Circeo, yang terletak di pantai antara Roma dan Napoli, diyakini sebagai orang dewasa, meskipun salah satunya mungkin masih muda.

    "Delapan dari mereka berasal dari antara 50.000 dan 68.000 tahun yang lalu, sedangkan yang tertua mungkin berusia 90.000 atau 100.000 tahun," kata kementerian itu. 

    Kementerian melanjutkan, bersama dengan dua individu lain yang ditemukan di masa lalu di situs itu, mereka menjadikan jumlah total individu yang ada di Gua Guattari menjadi 11. Ini mengkonfirmasikannya sebagai salah satu situs paling signifikan di dunia untuk sejarah manusia Neanderthal. 

    Menteri Kebudayaan Dario Franceschini memuji penemuan itu sebagai penemuan luar biasa yang akan dibicarakan oleh seluruh dunia.

    Francesco Di Mario, yang memimpin proyek penggalian, mengatakan penemuan itu mewakili populasi Neanderthal yang mungkin cukup besar di daerah tersebut.

    Direktur antropologi setempat, Mario Rubini, mengatakan penemuan itu akan memberikan penerangan penting tentang sejarah masyarakat Italia.

    "Manusia Neanderthal adalah tahap fundamental dalam evolusi manusia, mewakili puncak suatu spesies dan masyarakat manusia pertama yang dapat kita bicarakan," katanya.

    Penemuan ini mengikuti penelitian baru yang dimulai pada Oktober 2019 di Gua Guattari, yang ditemukan secara tidak sengaja oleh sekelompok pekerja pada Februari 1939.

    Saat mengunjungi situs tersebut tidak lama setelah itu, ahli paleontologi Albert Carlo Blanc membuat penemuan yang menakjubkan - tengkorak manusia Neanderthal yang terawat baik.

    Gua itu telah ditutup oleh tanah longsor kuno, menyimpan semua yang ada di dalamnya sebagai potret waktu yang perlahan-lahan mengungkapkan rahasianya.

    Penggalian baru-baru ini juga menemukan ribuan tulang hewan, terutama hyena dan mangsa yang diyakini dibawa kembali ke gua untuk dimakan atau disimpan sebagai makanan.

    Ada sisa-sisa mamalia besar termasuk gajah, badak, rusa raksasa, beruang gua, kuda liar dan aurochs - sapi yang telah punah.

     "Banyak tulang yang ditemukan menunjukkan tanda-tanda gigitan yang jelas," kata pernyataan kementerian itu. AFP PHOTO/Italian Ministry of Culture

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id