foto
 

    Mantan Presiden Prancis Meninggal karena Covid-19

    03 Desember 2020 09:26 WIB
    Paris: Mantan presiden Prancis Valery Giscard d'Estaing, yang memimpin negaranya ke era modern baru dan ke jalur yang sangat pro-Eropa, meninggal pada Rabu, 2 Desember 2020 malam waktu setempat, karena covid-19.

    Giscard, yang beberapa kali dirawat di rumah sakit dalam beberapa bulan terakhir karena masalah jantung, meninggal dikelilingi oleh keluarganya di rumah keluarganya di wilayah Loire.

    "Kondisi kesehatannya memburuk dan dia meninggal akibat covid-19," kata keluarganya, seraya menambahkan bahwa pemakamannya akan sangat tertutup.

    Giscard terakhir tampil di hadapan publik pada 30 September tahun lalu saat menghadiri pemakaman mantan presiden lainnya, Jacques Chirac. Chirac pernah menjadi Perdana Menteri Giscard.

    Giscard menjadi presiden termuda Prancis saat masih berusia 48 tahun pada 1974, mengalahkan saingannya dari Sosialis Francois Mitterrand. Dia kemudian kalah setelah masa jabatannya selama tujuh tahun pada 1981.

    Di Prancis, dia dikenang karena dorongan reformasi yang radikal yang mencakup legalisasi aborsi, liberalisasi perceraian, dan penurunan usia pemilih menjadi 18 tahun.

    Di Eropa, dia membantu mendorong pergerakan menuju persatuan moneter, bekerja sama erat dengan rekannya dari Jerman, kanselir Helmut Schmidt.

    Bersama-sama mereka meluncurkan Sistem Moneter Eropa (EMS), pendahulu mata uang tunggal saat ini, euro. Seperti Schmidt, Giscard juga sangat percaya pada hubungan yang kuat dengan AS.

    Atas inisiatif Giscard, para pemimpin negara terkaya di dunia pertama kali bertemu pada tahun 1975, sebuah acara yang berkembang menjadi pertemuan puncak tahunan klub Kelompok Tujuh (G7). AFP PHOTO/Eric Feferberg/Jacques Demarthon

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id