foto
 

    Grand Piano Pertama Indonesia Peroleh Penghargaan MURI

    03 Oktober 2020 21:59 WIB
    Mojokerto: SR1928 The Awakening Concert Grand Piano mendapat penghargaan MURI sebagai piano terbesar pertama yang diproduksi oleh Indonesia, pada Sabtu, 3 Oktober 2020.

    Piano dengan desain futuristik tersebut adalah karya kolaborasi dari perusahaan furniture PT. Saniharto Enggalhardjo dengan musisi Aksan Sjuman dan arsitek Raul Renanda.

    "Aksan Sjuman sebagai ahli suara, dan Raul Renanda sebagai arsiteknya yang mendesain bentuk piano. Sementara perusahaan kami memwujudkan untuk membangun piano ini," kata Presiden Direktur Saniharto Enggalhardjo, Harsono Enggalhardjo di Mojokerto.

    Grand piano ini memiliki panjang 3,10 meter, lebar 2,10 meter, dan menjadikan piano ini lebih besar dibandingkan rata-rata ukuran grand piano pada umumnya. Salah satu yang menarik, piano ini menggunakan material kayu ebony Makassar dan menggunakan senar berbalut nikel yang tahan korosi.

    Sementara itu sistem mekanik pemukul senar menggunakan 'epoxy carbon fiber', yang merupakan teknik terbaru dalam sistem mekanik sebuah grand piano.

    Harsono mengatakan proses dari awal hingga diproduksinya piano tersebut memakan waktu sekitar dua tahun. "Baru pada 2019 kami dapat mewujudkan untuk membangun piano ini," kata Harsono.

    Piano ini pertama kali digunakan pada konser Jakarta Philharmonic pada November 2019. Kemudian piano seberat hampir satu ton itu juga pernah digunakan dalam konser Yo-Yo Ma, dan saat ini digunakan dalam konser Rapsodia Nusantara oleh maestro piano Ananda Sukarlan. ANTARA FOTO/Zabur Karuru

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id