grafis
 

    Mempertahankan Keberlangsungan Paru-Paru Dunia di Amerika Selatan

    29 Agustus 2021 12:08 WIB
    HUTAN Amazon merupakan salah satu hutan tropis terbesar di dunia. Wilayah hutan Amazon terbentang di sembilan negara di wilayah Amerika Selatan. Hutan ini merupakan penyumbang 20% oksigen di dunia, yang telah berusia lebih dari 10 juta tahun.

    Namun, kedatangan manusia pada 13 ribu tahun lalu membuat penyusutan lahan secara perlahan di hutan Amazon. Hal itu semakin parah dalam beberapa tahun terakhir ini. Bahkan, diperkirakan pada 2030 hutan Amazon akan kehilangan 27% dari luas hutannya. 

    Penggundulan hutan ini disebabkan maraknya peternakan sapi. Bahkan, peternakan tersebut diperkirakan bertanggung jawab atas 80% dari wilayah hutan Amazon yang hilang.

    Saat ini pemerintah Brasil berencana memberikan izin penggunaan lahan pada wilayah hutan adat. Hal ini menimbulkan konflik antara pemerintah dan masyarakat hukum adat sekitar. Banyak masyarakat hukum adat akhirnya turun ke jalan untuk menuntut hak. 

    Masyarakat hukum adat dinilai penting untuk diberikan hak istimewa karena biasanya masyarakat hukum adat akan melestarikan hutan peninggalan leluhur mereka. Dok Media Indonesia

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id