grafis
 

    Peran Puskesmas sebagai Layanan Kesehatan Pertama dalam Pengendalian Covid-19

    22 Juli 2021 07:09 WIB
    PUSKESMAS atau Pusat Kesehatan Masyarakat, merupakan salah satu jenis layanan kesehatan pertama yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Puskesmas memiliki peran penting dalam pengendalian penyakit yang beredar di masyarakat, karena posisi puskesmas yang seharusnya lebih dekat dengan masyarakat.

    Dalam pengendalian pandemi covid-19 puskesmas memiliki peran yang besar sebagai gerbang utama pelayanan covid-19. Puskesmas seharusnya menjadi garda terdepan dalam melakukan 3T testing, tracing, dan treatment. Puskesmas memiliki peran aktif dalam penelusuran kontak erat pasien covid-19, selain itu puskesmas juga berperan sebagai pemantau bagi pasien yang melakukan isolasi mandiri.
     
    Namun di tengah pentingnya peran puskesmas, layanan kesehatan ini memiliki berbagai kendala terutama pada SDM dan peralatan yang diperlukan untuk pengendalian pandemi. Kekurangan ini seharusnya menjadi perhatian khusus bagi pemerintah, momentum pandemi ini dapat digunakan untuk memperkuat puskesmas. Hal ini perlu dilakukan agar Indonesia siap apabila terjadi krisis kesehatan di masa mendatang. Dok Media Indonesia

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id