grafis
 

    5 Cara Mudah dan Alami Lancarkan Sistem Pencernaan

    01 April 2021 11:39 WIB
    Jakarta: Merasa kembung atau sembelit tentu tidak menyenangkan, bukan? Bahkan rasa tidak enak akibat kembung dapat menyebabkan sakit perut yang tak tertahankan. 

    Namun, kamu tak perlu khawatir lagi! Mulai sekarang, kamu dapat meningkatkan pencernaan dan menghilangkan ketidaknyamanan dengan beberapa cara alami.

    Melansir Times of India, inilah lima cara alami paling ampuh untuk mengatasi gangguan pencernaan agar kamu tetap aktif dan bahagia:
     
    1. Makan dengan benar

    Peristaltik adalah proses pencernaan dari awal sampai akhir yang dipicu saat makanan dikonsumsi dan mengalir ke kerongkongan. Pencernaan tergantung pada seberapa banyak kamu makan. Jika kamu diet atau makan terlalu sedikit, bisa mengakibatkan sembelit. Jadi, untuk mencerna makanan, kamu perlu makan dengan benar.
     
    2. Kunyah makananmu

    Saat kecil kamu mungkin telah diajari untuk makan perlahan di meja makan. Dengan begitu, makanan bisa dicerna dengan mudah. Pencernaan adalah proses di mana makananmu dipecah menjadi partikel terkecil yang dapat diserap oleh tubuh sebagai makanan.

    Saat kamu mengunyah makanan dengan benar, kerja perutmu akan berkurang karena makanan sudah terfragmentasi menjadi potongan-potongan kecil.
     
    3. Tetap terhidrasi


    Minum cukup air sepanjang hari mendukung pencernaan yang sehat. Air membantu memecah makanan sehingga tubuhmu dapat menyerap nutrisi darinya.

    Namun, berbagai faktor memengaruhi jumlah air yang harus kamu minum. Rata-rata, pastikan untuk minum setidaknya empat liter air setiap hari.
     
    4. Sertakan serat dalam makanan

    Serat membantu mempercepat pergerakan makanan ke usus besar. Makan cukup serat mempercepat proses pencernaan. The Food Drug Associated merekomendasikan untuk mengonsumsi 28 gram serat setiap hari.

    Cobalah makan lebih banyak sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang polong dan kacang-kacangan untuk meningkatkan serat dalam makanan harianmu.
     
    5. Olahraga

    Terkadang saat kamu merasa tidak nyaman karena kembung, hal terbaik yang harus dilakukan adalah bangun dan bergerak.

    Sebuah studi menemukan waktu transit makanan antara orang beristirahat dan mereka yang berolahraga. Hasilnya, orang yang berolahraga telah mengurangi waktu transit makanan hingga 15 jam. Para peserta ini bisa bersepeda, berlari atau berjalan kaki.

    Jadi, lain kali jika kamu merasa sembelit atau kembung, hal terbaik yang dapat kamu coba adalah berjalan-jalan cepat atau berolahraga ringan. Dok Medcom.id

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id