grafis
 

    Gara-Gara Korona, Angka Kemiskinan di Indonesia Naik Lagi

    21 Februari 2021 10:04 WIB
    PANDEMI covid-19 telah membuat roda perekonomian tak dapat berjalan seperti biasa. Dampaknya, banyak pekerjandi pelbagai sektor terkena PHK. Hal tersebut akhirnya berdampak pada kenaikan jumlah penduduk miskin pada 2020.

    Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk miskin di Indonesia pada 2020 mencapai 27,55 juta orang atau naik 2,76 juta orang jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Kenaikan tersebut sekaligus memutus tren penurunan angka kemiskinan yang dimulai pada 2015. Saat itu angka kemiskinan mencapai 28,51 juta penduduk, kemudian berangsur-angsur turun pada tahun-tahun berikutnya, yaitu 27,76 juta (2016).

    26,58 juta (2017), 25,67 juta (2018), dan 24,79 juta (2019). BPS mencatat, selain naiknya pengangguran terbuka, ada 

    beberapa faktor lain yang berpengaruh terhadap tingkat kemiskinan, yaitu pertumbuhan ekonomi yang terkontraksi laju inflasi umum yang relatif rendah, dan perubahan harga eceran sejumlah komoditas pokok.

    Sejumlah strategi pun siap dijalankan demi menurunkan angka kemiskinan pada 2021 ini, di antaranya integrasi dan digitalisasi bantuan sosial nontunai, penguatan pendampingan program bantuan sosial, dan edukasi bagi penerima manfaat, serta penguatan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) kesehatan dan kesejahteraan. Dok.Media Indonesia

    (KHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id