comscore
grafis
 

    Keran Ekspor Batu Bara Kembali Dibuka

    17 Januari 2022 12:31 WIB
    PEMERINTAH saat ini secara bertahap sudah membuka kembali ekspor batu bara per 12 Januari 2022. Pembukaan secara bertahap itu dilakukan setelah terpenuhinya 1 vessel dan 187 tongkang dari 18 vessel dan 211 tongkang yang dibutuhkan PLN untuk memasok kebutuhan batu bara selama Januari 2022. Sebelumnya, pemerintah melarang kegiatan ekspor batu bara karena kurangnya pasokan batu bara untuk kebutuhan dalam negeri. 

    Pelarangan tersebut tercantum dalam Surat Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara (Minerba) Kementerian ESDM No B-1605/2021 pada 31 Desember 2021 dan mulai berlaku pada 1-31 Januari 2022. Larangan ekspor batu bara dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pasokan batu bara di dalam negeri dan untuk mencegah pemadaman listrik hingga terjadinya lonjakan harga listrik mengingat pasokan pembangkit listrik di Indonesia paling banyak memanfaatkan energi dari batu bara ketimbang sumber energi lainnya.

    Akibat dari pelarangan ekspor itu, pemerintah Indonesia mendapat banyak protes dari negara-negara yang mendapat pasokan batu bara asal Indonesia, seperti Filipina dan Korea Selatan. Negara-negara tersebut mengirimkan permohonan agar negara mereka dapat kembali memasok kebutuhan batu bara dari Indonesia. Selain dari luar negeri, protes pun dilancarkan perusahaan-perusahaan pertambangan dalam negeri. Dok: Media Indonesia (Dhi)

    (KHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id