grafis
 

    5 Manfaat Luar Biasa dari Berpuasa, Salah Satunya Menunda Penuaan

    17 April 2021 09:08 WIB
    Jakarta: Puasa memang membuat lapar, haus, dan lelah. Namun, Rukun Islam yang keempat ini adalah ibadah baik yang perlu kamu lakukan untuk imanmu dan juga kesehatanmu.

    Mengutip dari Healthline, banyak manfaat yang diberikan dari puasa untuk kesehatan. Bahkan juga sudah didukung oleh berbagai penelitian. Berikut di antaranya:
     
    1. Meningkatkan kontrol gula darah

    Beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan kontrol gula darah, yang sangat berguna bagi mereka yang berisiko diabetes. Faktanya, satu penelitian pada 10 orang dengan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa puasa intermiten jangka pendek secara signifikan menurunkan kadar gula darah.

    Sementara itu, ulasan lain menemukan bahwa puasa intermiten dan puasa alternatif sama efektifnya dengan membatasi asupan kalori dalam mengurangi resistensi insulin. Penurunan resistensi insulin ini dapat meningkatkan sensitivitas tubuhmu terhadap insulin. Sehingga memungkinkannya untuk mengangkut glukosa dari aliran darah ke sel kamu dengan lebih efisien.
     
    2. Meningkatkan kesehatan jantung

    Mengubah pola makan dan gaya hidup adalah salah satu cara paling efektif untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa memasukkan puasa ke dalam rutinitas mungkin sangat bermanfaat dalam hal kesehatan jantung.

    Satu studi kecil mengungkapkan bahwa delapan minggu puasa bergantian hari mengurangi kadar kolesterol LDL 'jahat' dan trigliserida darah masing-masing sebesar 25% dan 32%.

    Studi lain pada 110 orang dewasa gemuk menunjukkan bahwa puasa selama tiga minggu di bawah pengawasan medis secara signifikan menurunkan tekanan darah, serta kadar trigliserida darah, kolesterol total dan kolesterol LDL 'jahat'.

    Selain itu, satu penelitian pada 4.629 orang mengaitkan puasa dengan risiko penyakit arteri koroner yang lebih rendah, serta risiko diabetes yang jauh lebih rendah, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.
     
    3. Membantu penurunan berat badan


    Banyak pelaku diet yang berpuasa mencari cara cepat dan mudah untuk menurunkan berat badan. Secara teoritis, berpantang dari semua atau makanan dan minuman tertentu akan menurunkan asupan kalori kamu secara keseluruhan, yang pada akhirnya bisa membuat berat badanmu turun.

    Beberapa penelitian juga menemukan bahwa puasa jangka pendek dapat meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan kadar neurotransmitter norepinefrin, yang dapat meningkatkan penurunan berat badan. Faktanya, satu ulasan menunjukkan bahwa puasa sepanjang hari dapat mengurangi berat badan hingga 9% dan secara signifikan menurunkan lemak tubuh selama 12-24 minggu.
     
    4. Meningkatkan sekresi hormon pertumbuhan

    Penelitian menunjukkan bahwa Human growth hormone (HGH) terlibat dalam pertumbuhan, metabolisme, penurunan berat badan, dan kekuatan otot.

    Beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa secara alami dapat meningkatkan kadar HGH. Satu studi pada 11 orang dewasa sehat menunjukkan bahwa, puasa selama 24 jam secara signifikan meningkatkan kadar HGH.

    Studi kecil lainnya pada sembilan pria menemukan bahwa, puasa hanya selama dua hari menyebabkan peningkatan 5 kali lipat dalam tingkat produksi HGH.
     
    5. Menunda penuaan


    Beberapa penelitian pada hewan telah menemukan hasil yang menjanjikan pada potensi efek memperpanjang umur dari puasa. Dalam sebuah penelitian, seekor tikus yang berpuasa setiap dua hari mengalami tingkat penuaan yang tertunda dan hidup 83% lebih lama daripada tikus yang tidak berpuasa.

    Penelitian pada hewan lain memiliki temuan serupa melaporkan bahwa puasa bisa efektif dalam meningkatkan umur panjang dan tingkat kelangsungan hidup. Namun penelitian saat ini masih sebatas penelitian pada hewan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami bagaimana puasa dapat memengaruhi umur panjang dan penuaan pada manusia. Dok Medcom.id

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id