grafis
 

    Positif Covid-19, 5 Makanan Ini Perlu Dihindari

    12 Januari 2021 15:28 WIB
    Jakarta: Menjaga pola makan adalah cara terbaik untuk membantu pemulihan tubuh yang sedang sakit. Begitu pun bagi orang yang terinveksi virus korona (covid-19).

    Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mengatakan orang yang positif covid-19 harus mengonsumsi vitamin dan mineral, seperti vitamin D, C, dan seng.

    untuk membantu pemulihan lebih cepat, beberapa jenis makanan juga harus dihindari karena akan menyebabkan peradangan dan mengganggu proses penyembuhan.

    Berikut beberapa makanan yang harus dihindari pasien covid-19:
     
    1. Makanan digoreng

    Pasien korona di masa pemulihan, tidak disarankan mengonsumsi makanan yang digoreng. Ahli diet Ashley Kitchens menyebut makanan yang digoreng bisa memicu risiko penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.

    Makanan tersebut juga memiliki kandungan lemak yang tinggi dan berisiko merusak sistem kekebalan tubuh jika dikonsumsi berlebihan.

    2. Makanan kemasan

    Makanan kemasan bisa memicu seseorang mengalami peradangan. Peradangan akan membuat sistem kekebalan tubuh menurun.

    Oleh karena itu hindari makanan dalam kemasan yang mengandung natrium dan zat aditif tinggi, seperti keripik kentang maupun makanan kemasan lainnya.
     
    3. Mengonsumsi daging merah berlebihan

    Meski menjadi sumber protein berkualitas tinggi, ada baiknya daging merah dibatasi lebih dulu saat terinfeksi Corona. Sebab daging merah memiliki kandungan lemak jenuh tinggi yang bisa meningkatkan peradangan.

    Menurut ahli, pasien korona lebih baik mengganti asupan lemak dari daging merah dengan lemak nabati seperti minyak zaitun, kacang-kacangan, dan alpukat.

    4. Makanan pedas

    Bagi Anda yang terbiasa memakan makanan pedas, lebih baik hindari dulu saat masih dalam masa pemulihan covid-19. Makanan pedas bisa memperparah gejala covid-19, seperti batuk dan bisa membuat tenggorokan iritasi.

    5. Makanan dan minuman tinggi gula

    Sebuah penelitian menunjukkan mengonsumsi dua hingga enam makanan dan minuman manis setiap minggu bisa meningkatkan risiko kematian hingga 6 persen.

    Pasalnya, gula berlebih bisa menekan sistem imun karena terjadinya peradangan. Sebaiknya, hindari dulu makanan dan minuman manis jika ingin cepat pulih dari covid-19. Dok.Medcom.id

    (KHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id