comscore
grafis

7 Manfaat Minum Air Putih Saat Bagun Tidur

26 Mei 2022 07:40 WIB
Jakarta: Tubuh kita terdiri dari 70 persen air. Jadi tidak perlu khawatir bahwa kita perlu menyediakan lebih banyak air untuk tubuh kita. Namun begitu tetap terhidrasi sangatlah penting untuk menjaga agar tubuh tetap sehat.

Bila tubuh mengalami dehidrasi, akan menimbulkan banyak masalah kesehatan, baik jangka panjang maupun jangka pendek. Misalnya, migrain, dispepsia, hipertensi, batu ginjal, kanker payudara, kanker rahim, sinusitis, TBC paru, dan obesitas. 

Faktanya, penduduk Jepang dikenal sebagai salah satu negara yang paling sedikit yang mengalami masalah kesehatan tersebut. Ya, mereka minum air segera setelah bangun tidur! 

Seperti yang diberitakan Pinnacle Care, kamu harus minum setidaknya 650 ml (3 gelas) air setelah bangun tidur. Hindari ngemil atau sarapan minimal 45 menit setelah konsumsi. 

Selain itu, minum air putih 30 menit sebelum makan. Usahakan untuk menghindari minum air putih dua jam setelah makan (sarapan, makan siang, dan makan malam). Dan, inilah alasan mengapa minum air putih ketika bangun tidur dapat meningkatkan kualitas hidupmu. 
 

1. Meningkatkan kecerahan kulit 

Faktanya, 500 ml air telah terbukti meningkatkan aliran darah dan membuat kulit bercahaya sekaligus meningkatkan produksi sel darah baru. Kekurangan air dalam tubuh kamu dapat menyebabkan kerutan dini dan pori-pori yang lebih dalam.
 

2. Membantu menurunkan berat badan 

Selain mengurangi rasa lapar, minum air segera setelah bangun tidur, tubuh melepaskan racun, yang memulai pergerakan di usus. Proses ini akan memulihkan dan memperbaiki sistem pencernaan. 
 

3. Meningkatkan metabolisme 

Jika sedang berdiet, hanya dengan minum air putih saat perut kosong, dapat meningkatkan metabolisme sebesar 24 persen. Alhasil meningkatkan sistem pencernaan. Air juga memurnikan usus, membiarkan organ menyerap nutrisi lebih cepat secara alami. 
 

4. Meningkatkan karakteristik rambut  

Air menyusun 25 persen dari berat sehelai rambut. Jadi, minum air putih saat perut kosong akan meningkatkan pertumbuhan rambut dan karakteristik rambut.
 

5. Menurunkan asam lambung  

Saat minum di pagi hari, air akan menurunkan keasaman dan mengencerkan lambung. Air akan menurunkan keasaman di perut sehingga ketika tiba waktunya untuk sarapan, kamu akan merasa nyaman. 
 

6. Mencegah infeksi kandung kemih 

Air akan mengencerkan keasaman lambung untuk mengurangi kemungkinan batu ginjal. Dengan minum, juga akan banyak racun yang dikeluarkan dari tubuh, yang mencegah infeksi kandung kemih. 
 

7. Memperkuat sistem kekebalan tubuh 

Minum air pertama di pagi hari akan membersihkan perut dan karena itu menyeimbangkan sistem limfatik. Sistem limfatik yang stabil akan membantu membangun sistem kekebalan yang kuat, yang akan mencegah kita sering sakit. (TIN)

(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id