comscore
grafis
 

    Segudang Permasalahan Dihadapi Komisi Nasional Disabilitas

    20 Januari 2022 08:32 WIB
    PADA Desember 2021 Presiden Jokowi melantik tujuh anggota Komisi Nasional Disabilitas (KND). Hal ini merupakan langkah yang diambil untuk melindungi hak-hak penyandang disabilitas sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Pembentukan KND ini juga merupakan hasil proses panjang dari lahirnya Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2020 tentang Komisi Nasional Disabilitas.

    Proses yang berjalan dari pertengahan 2021 tersebut akhirnya memilih tujuh orang potensial menjadi penggerak pertama KND. Tujuh orang ini diharapkan dapat menjalankan fungsi KND yang salah satunya memberikan perlindungan kepada hak-hak penyandang disabilitas.

    KND sendiri mempunyai fungsi dan tugas yang luas dalam penerapannya. Selain memenuhi hak disabilitas, KND berperan dalam bidang advokasi serta melakukan kerja sama dengan berbagai pihak terkait disabilitas.

    Banyaknya fungsi dan tugas KND ini juga dihadapkan pada permasalahan berat penyandang disabilitas di Indonesia. Permasalahan pendidikan, misalnya. Menurut data Kemenkes pada 2018 hanya 19,7% penyandang disabilitas yang tamat SMA serta hanya 17,6% yang berhasil tamat perguruan tinggi.

    Tidak berhenti hanya pada tingkat pendidikan, permasalahan disabilitas pada kesempatan kerja juga perlu mendapat perhatian. Pada 2019 hanya 45,90% tingkat partisipasi angkatan kerja disabilitas. Segudang permasalahan ini menjadi tugas KND agar mendapatkan solusi terbaik bagi penyandang disabilitas. Dok Media Indonesia (IMR)

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id