grafis
 

    Orang Rimba Sebagai Penjaga Hutan Jambi

    16 Juni 2021 11:43 WIB
    DI pedalaman hutan Provinsi Jambi masih terdapat suku yang menjaga adat dan budayanya. Masyarakat Jambi memiliki berbagai panggilan pada suku tersebut. Salah satunya adalah Orang Rimba. Panggilan tersebut diberikan karena suku pedalaman tersebut biasa tinggal terisolasi dari dunia luar dan menggantungkan kehidupannya dari hutan.

    Asal usul Orang Rimba hingga saat ini masih menjadi perdebatan, namun pola kehidupan mereka yang bergantung dari hutan serta masih semi nomadik (berpindah) menjadi ciri khas bagi Orang Rimba. Permasalahan terjadi ketika Orang Rimba mulai kehilangan hutan sebagai tempat mereka menggantungkan kehidupannya, mereka mulai sulit mencari makan dan sering terserang peyakit.

    Pemerintah pusat maupun provinsi terus berupaya untuk menyelesaikan permasalahan Orang Rimba, salah satu caranya ialah berupaya memberikan layanan kesehatan, serta melakukan pembebasan lahan yang selama ini digunakan sebagai lahan perkebunan. Upaya pemerintah ini dilakukan agar Orang Rimba dapat terjamin hak kehidupannya, serta dapat kembali memenuhi kebutuhan hidupnya. Dok. Media Indonesia

    (KHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id