grafis
 

    Vaksinasi tidak Boleh Berhenti

    22 Juli 2021 09:48 WIB
    VAKSINASI tidak boleh terhenti untuk mengejar target herd immunity yang sudah ditetapkan pemerintah. Selain mengimbau masyarakat untuk bersedia divaksin, Ketua DPR RI Puan Maharani juga mendorong pemerintah untuk memastikan ketersediaan vaksin covid-19 di seluruh daerah.

    “Antusiasme rakyat untuk divaksin di sejumlah daerah jangan sampai menurun karena vaksin tidak tersedia,” kata Puan di Jakarta, Rabu, 21 Juli 2021. 

    Perintah Presiden Jokowi, agar pemerintah daerah segera menghabiskan stok vaksin, harus diimbangi oleh pengadaan vaksin yang juga cepat oleh pemerintah pusat. Bahkan Puan menginginkan jangan sampai ada jeda. Vaksinasi jangan sampai terhenti karena vaksin tidak tersedia.

    Dia meminta pemerintah untuk terus berupaya dengan segala cara mendatangkan vaksin sehingga tidak ada lagi laporan dari daerah terkait vaksinasi yang terhenti karena persediaan vaksin habis.

    Untuk diketahui, adanya laporan stok vaksin menipis atau bahkan habis disampaikan oleh sejumlah kepala daerah di beberapa provinsi, antara lain Sulawesi Utara, Sumatra Barat, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Beberapa daerah bahkan sudah menghentikan vaksinasi karena stok vaksin habis dan belum dikirim lagi oleh pusat.

    Wali Kota Batam Rudi Rudi kemarin juga mengatakan stok vaksin covid-19 untuk dosis pertama di Kota Batam menipis sehingga pelaksanaan vaksinasi terpaksa terhenti sementara.

    Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga membuka sentra vaksinasi covid-19 di Terminal Kampung Rambutan mulai 19-23 Juli dengan menargetkan 1.300 orang terdiri atas pengemudi bus, kondektur, pelaku perjalanan, mitra-mitra perhubungan di Terminal Kampung Rambutan dan masyarakat umum.

    Partai NasDem juga menggelar sentra vaksinasi covid-19 bertema NasDem Peduli, di seluruh wilayah Jakarta dengan target 14.000 dosis.

    Di Jakarta Barat vaksinasi digelar di GOR Kalideres. Vaksinasi juga digelar di Gelanggang Remaja Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Rabu. Sekretaris DPD NasDem Jakarta Barat, Manik, mengatakan sentra vaksinasi dilaksanakan sejak 5 Juli dan akan terus dilakukan hingga 29 Agustus.

    Dari Kota Kupang, NTT, Dinas Kesehatan setempat menggelar vaksinasi covid-19 di 21 faskes, kemarin, di 11 puskesmas dan 10 rumah sakit di seluruh wilayah Kota Kupang mulai pukul 08.00-14.Wita. Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, Retnowati, mengatakan vaksinasi akan berlangsung selama tiga hari sampai 23 Juli menyasar 7.000 orang.

    Aman
    Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil risetnya dan menyebutkan sekitar 80% masyarakat Indonesia belum divaksinasi. Sebanyak 63,6% dari orang yang belum divaksinasi menyatakan bersedia dan 36,4% menyatakan tidak bersedia. Menurut riset, orang yang tidak bersedia, setengahnya karena alasan takut dengan efek sampingnya.

    Saat menanggapi temuan LSI, Koordinator Komunikasi Publik Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Arya Sinulingga, hingga Selasa, 20 Juli 2021 sudah lebih dari 58 juta dosis vaksin disuntikkan ke masyarakat dan hingga saat ini belum ditemukan efek samping berat.

    Terpisah, Ketua Komnas PP Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Hindra Irawan Satari memastikan tidak ada kasus fatal yang terkait langsung dengan vaksinasi. Menurutnya, gejala pascavaksinasi merupakan reaksi alamiah tubuh dalam proses membentuk antibodi. Dok Media Indonesia

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id