grafis
 

    4 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

    04 Maret 2021 15:49 WIB
    Jakarta: Daun kelor adalah bahan pangan yang dikenal sebagai tanaman sehat karena manfaatnya begitu beragam untuk tubuh. Wajar saja, mengingat daun kelor ini sangat kaya akan antioksidan sehat dan senyawa tanaman bioaktif. 

    Mengutip dari Buku Program Nutri Menu Royco, Masak Lezat dan Bergizi Sesuai Isi Piringku daun kelor kaya akan zat gizi yang baik untuk kesehatan. 

    Dalam 100 gram daun kelor kering mengandung zat besi 25 kali lebih banyak dari bayam, vitamin C 12 kali lebih banyak daripada jeruk, vitamin A 10 kali lebih banyak dari wortel.

    Belum lagi kandungan kalsium 17 kali lebih banyak dari susu, protein 9 kali lebih banyak dari yoghurt, dan kalium 15 kali lebih banyk dari pisang. 

    Mengutip dari Healtline, para ilmuwan telah meneliti manfaatnya seperti berikut ini:
     
    1. Kaya antioksidan

    Antioksidan adalah senyawa yang bekerja melawan radikal bebas di tubuh kamu. Menurut sebuah sumber, kadar radikal bebas yang tinggi dapat menyebabkan stres oksidatif, yang terkait dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Dan Beberapa senyawa tanaman antioksidan telah ditemukan di daun kelor.
     
    2. Daun kelor dapat menurunkan kadar gula darah

    Gula darah tinggi bisa menjadi masalah kesehatan yang serius. Faktanya itu adalah ciri utama diabetes. Menariknya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun kelor dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

    Namun, sebagian besar bukti didasarkan pada penelitian pada hewan. Hanya ada sedikit penelitian berbasis manusia, dan umumnya berkualitas rendah.

    Selain itu, satu penelitian pada 30 perempuan menunjukkan bahwa mengonsumsi 1,5 sendok teh (7 gram) bubuk daun kelor setiap hari selama tiga bulan mengurangi kadar gula darah puasa rata-rata sebesar 13,5 persen.
     
    3. Mengurangi peradangan

    Peradangan adalah respons alami tubuh terhadap infeksi atau cedera. Ini adalah mekanisme perlindungan yang penting tetapi dapat menjadi masalah kesehatan utama jika terus berlanjut dalam jangka waktu yang lama.

    Sebagian besar buah, sayuran, rempah-rempah dan rempah-rempah utuh memiliki sifat antiinflamasi. Namun, para ilmuwan percaya bahwa isothiocyanate adalah senyawa antiinflamasi utama dalam daun, polong, dan biji kelor.
     
    4. Turunkan kolestrol

    Memiliki kolesterol tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Untungnya, banyak makanan nabati dapat secara efektif mengurangi kolesterol. Ini termasuk biji rami, gandum dan almond. Baik penelitian pada hewan dan manusia telah menunjukkan bahwa daun kelor mungkin memiliki efek penurun kolesterol yang serupa. dok Medcom.id

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id