comscore
grafis

Makanan dan Minuman yang Bikin Kamu Sulit Tidur di Malam Hari

27 Mei 2022 19:26 WIB
Jakarta: Entah mengapa saat malam tiba, napsu makan sering kali tiba-tiba jadi meningkat. Hal ini  tentu saja membuatmu jadi ingin makan apa saja yang tersedia di rumah ya. Namun, tanpa disadari ada beberapa makanan dan minuman yang justru bisa memengaruhi pola tidurmu lho. Kamu jadi kesulitan untuk tidur dan lelah saat bangun.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, berikut beberapa makanan dan minuman yang dapat membuatmu sulit tidur, di antaranya: 
 

Makanan tinggi karbohidrat dan lemak

Dua kombinasi ini memang dengan mudah membuatmu puas saat makan namun mereka juga bisa membuat tidurmu terganggu. Para peneliti menemukan tidur REM (jenis tidur yang penting untuk memori) kualitasnya berkurang ketika kamu mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan lemak. Selain itu, intensitas bangun di tengah malam pun jadi meningkat.
 

Kafein

Kopi, teh, cokelat, dan soda memang paling ampuh untuk meningkatkan energi. Karena itu, kurang tepat rasanya bila mengonsumsinya di malam hari. Penelitian menunjukkan mengonsumsi kafein sebelum tidur dapat membuat kamu lebih sulit untuk tertidur ditambah kualitas tidur secara keseluruhan pun akan berkurang. 

Minuman manis

Para peneliti memberi anak-anak susu dengan glukosa (alias gula langsung) dan susu dengan madu satu jam sebelum tidur. Mereka menemukan, anak-anak yang minum susu dengan glukosa lebih banyak terbangun di malam hari daripada mereka yang minum madu susu. Susu dengan glukosa dianggap memiliki indeks glikemik tinggi (GI), yang berarti menyebabkan lonjakan cepat (dan kemudian turun) dalam gula darah serta insulin. 

Sebaliknya, susu madu adalah GI rendah yang menyebabkan kenaikan dan penurunan gula darah sehingga insulin lebih lambat. Minuman indeks glikemik tinggi lainnya adalah soda, minuman olahraga, dan susu beras. 

Alkohol

Segelas anggur, bir, atau koktail dapat membantumu tertidur, tetapi sayangnya mereka juga menjauhkan kamu dari tidur yang nyenyak. Menurut National Sleep Foundation, alkohol mengaktifkan aktivitas alfa di otak yang seharusnya terjadi ketika kamu beristirahat dengan tenang, bukan tidur. Alkohol juga membuang ritme sirkadian serta menghambat tidur REM. (yyy)

(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id