grafis
 

    Jenis-jenis Susu serta Manfaatnya bagi Tubuh Manusia

    19 Januari 2021 14:28 WIB
    Jakarta: Ada begitu banyak pilihan jenis susu yang tersedia saat ini. Dan, dari setiap jenis susu tersebut memiliki menfaat kesehatan yang berbeda-beda. Mulai dari keterbatasan terhadap jenis susu tertentu, hingga preferensi selera setiap individu.

    Dilansir Insider, berikut ini adalah berbagai jenis susu beserta manfaatnya:
     
    1. Susu sapi

    “Susu sapi adalah sumber protein, vitamin, dan mineral penting yang baik,” kata ahli diet berlisensi dan terdaftar Lauren Smith kepada Insider.

    Satu cangkir susu sapi mengandung sekitar 8 gram protein selain kalsium dan vitamin D. Tapi, tentu saja, ini juga mengandung laktosa. Jadi jika kamu sensitif terhadap lalktosa sebaiknya cari alternatif lain.
     
    2. Susu almond

    “Susu almond tanpa pemanis adalah pilihan yang cocok untuk siapa saja yang mengikuti diet rendah karbohidrat atau ketogenik (keto),” menurut Smith.

    Biasanya susu almond juga rendah kalori, gula, dan lemak, dan diperkaya dengan antioksidan. Yang perlu diperhatikan, susu almond juga rendah protein.
     
    3. Susu oat

    Susu oat atau oat milk menjadi alternatif susu nabati yang populer. Susu ini tinggi serat dan beta-glukan, sejenis serat larut yang dapat menurunkan kolesterol dan membantu penyembuhan usus.

    "Namun, susu oat lebih tinggi karbohidrat dan gula alami daripada kebanyakan jenis susu berbasis kacang,” kata Dahlia Marin, ahli gizi diet nabati salah satu pendiri Married to Health.
     
    4. Susu kedelai

    “Susu kedelai adalah jenis yang paling setara dengan susu sapi. Susu ini tinggi protein, mengandung asam amino esensial, dan sering diperkaya dengan kalsium untuk kesehatan tulang,” kata Sylvia North, ahli diet terdaftar yang berbasis di Selandia Baru.

    Sementara menurut Smith, susu kedelai juga merupakan pilihan setelah berolahraga yang baik karena kandungan proteinnya dan mengandung 8 gram protein per cangkir. Sianggap sebagai makanan yang menyehatkan jantung bagi mereka yang berisiko penyakit kardiovaskular.
     
    5. Susu beras

    Susu beras atau rice milk adalah pilihan yang baik untuk orang-orang dengan berbagai kepekaan terhadap makanan. Seperti alergi kacang-kacangan, produk susu, dan kedelai.

    “Namun, susu ini menawarkan sedikit nilai gizi, karena terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan air, dan dapat meningkatkan kadar gula darah,” tukas Marin. Dok.Medcom.id

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id