comscore
grafis

Ibu Hamil di DIY Terdampak Pandemi, Donor ASI Jadi Solusi

08 September 2021 07:38 WIB
PANDEMI covid-19 yang masuk ke Indonesia pada awal 2020 menimbulkan banyak permasalahan. Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi daerah di Indonesia yang terkena imbasnya. Salah satu permasalahan yang melanda DIY ialah banyaknya ibu hamil yang terkena dampak covid-19 sehingga berdampak pada pemenuhan gizi melalui ASI bagi bayi yang baru lahir.

Bahkan, menurut data pemerintah DIY, terdapat 127 anak kehilangan ibu. Dari 127 orang ini, 65 di antaranya ialah ibu hamil dan melahirkan. Salah satu yang dikhawatirkan ialah pemenuhan ASI eksklusif bagi bayi yang baru lahir. Pentingnya pemenuhan ASI bagi bayi yang baru lahir sangat diperlukan, terutama di masa pandemi covid-19. ASI memiliki beragam kandungan gizi yang sulit ditemukan pada susu formula.

Karena banyaknya dampak pada ibu hamil dan bayi baru lahir, pemerintah DIY mengeluarkan panduan memberikan ASI bagi ibu yang terkena dampak covid-19. Selain itu, lahir gerakan Bank ASI yang digagas Putri Khatulistiwa, 35. Gerakan ini berawal dari kebiasaannya menyimpan ASI eksklusif untuk bayinya. Gerakan ini telah berkembang luas. Saat ini sudah terdapat 11 pendonor ASI serta 20 bayi yang menerimanya. Dok Media Indonesia

(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id