grafis
 

    5 Daerah di Jatim Jadi Proyek Percontohan Penanganan Kemiskinan Ekstrem

    13 Oktober 2021 09:09 WIB
    DALAM rilis yang diterbitkan Badan Pusat Statistik (BPS) pada Maret 2021, tingkat kemiskinan ekstrem di Indonesia mencapai 4,1% (10,86 juta jiwa). Di antara provinsi lain di Indonesia, Jawa Timur menjadi salah satu provinsi dengan jumlah penduduk miskin ekstrem terbanyak. 

    Karena itu, sejumlah daerah di Jawa Timur menjadi daerah percontohan penyelesaian masalah kemiskinan ekstrem di Indonesia. Daerah-daerah itu ialah Kabupaten Probolinggo, Bojonegoro, Lamongan, Sumenep, dan Bangkalan.

    Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (Maret 2021), jumlah penduduk miskin ekstrem di lima kabupaten tersebut mencapai 506.310 jiwa. Perinciannya ialah Probolinggo 114.250 jiwa, Bojonegoro 50.200 jiwa, Lamongan 87.620 jiwa, Bangkalan 123.490 jiwa, dan Sumenep 130.750 jiwa.

    Demi mempercepat penanganan kemiskinan ekstrem, terutama di lima kabupaten tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Timur berfokus pada tiga hal, yaitu menurunkan beban pengeluaran, meningkatkan pendapatan, dan meminimalkan wilayah kantong kemiskinan.

    Selain itu, untuk program pada 2022, Pemprov Jatim mengusulkan program penanggulangan kemiskinan ekstrem, di antaranya Program Elektrifikasi dan Program Renovasi Rumah Tinggal Layak Huni (Rutilahu). Dok Media Indonesia

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id