grafis
 

    Penguatan Tracing dan Testing untuk Mempercepat Penanganan Pandemi

    02 Juni 2021 12:13 WIB
    SATGAS covid-19 berharap upaya penelusuran kontak (tracing) dan pemeriksaan kesehatan (testing) yang terus meningkat selama ini akan mempercepat penanganan pandemi virus korona di Tanah Air.

    “Jadi kita memang bertekad mau mempercepat penanggulangan covid-19 dan ini bisa dilakukan dengan meningkatkan testing dan tracing,” ujar Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Nasional, Brigjen TNI (Purn) Alexander K Ginting, dalam konferensi pers antisipasi lonjakan kasus pasca-Idul Fitri 1442 H dan Pengaturan TKA dan Repatriasi PMI di Jakarta, Senin, 31 Mei 2021.

    Menurut Alexander, pemeriksaan dan penelusuran ialah faktor penting di dalam melaksanakan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro. Dengan demikian, gerakan tersebut jangan sampai menurun, bahkan harus ditingkatkan.

    Selain itu, lanjut dia, zona isolasi juga menjadi bagian penting dalam rangka menangani pandemi covid-19 di dalam negeri. Pemeriksaan, penelusuran, dan isolasi merupakan suatu proses rangkaian kegiatan yang berkesinambungan. Proses itu akan berhasil jika dilakukan dengan cepat dan disiplin.

    Sebelumnya, Ahli Genetika Molekuler dan Biokimia dari PT Kalbe Farma, Halida P Widyastuti, mengemukakan upaya Indonesia dalam melakukan pelacakan kontak dan pengetesan covid-19 masih relatif tertinggal bila mengacu pada standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Dok. Media Indonesia

    (KHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id