grafis
 

    Cegah Vertigo dengan 6 Cara Ini!

    27 Oktober 2021 17:15 WIB
    Jakarta: Saat vertigo menyerang dunia seakan berputar dan sensasi ini sungguh tak mengenakkan. Hal yang dirasa pun bervariasi, seperti pusing ringan yang muncul berkala sampai mual dan muntah. Dan untuk serangan vertigo yang parah umumnya memiliki rentang waktu yang lama dan bisa berlangsung beberapa hari. 

    Melansir dari WebMD, vertigo bukanlah sebuah penyakit, melainkan gejala dari suatu masalah kesehatan pada tubuh. Untuk itu, sebagian dari kasus vertigo bisa sembuh dengan sendirinya. Namun begitu, beberapa aktivitas berikut dapat membantu mencegah serangan vertigo.

    1. Yoga 

    Aktivitas ini dapat membantu mendapatkan kembali keseimbangan, fokus, koordinasi, dan dapat membantu melatih otak untuk melawan vertigo. Posisi sederhana seperti Child's Pose atau Corpse Pose yang dipadukan dengan napas dalam dan teratur dapat menenangkan tubuh dan pikiran. Dengan mengurangi kecemasan, yoga dan pernapasan dalam dapat mencegah serangan vertigo pada beberapa orang.

    2. Hidrasi 

    Dehidrasi merugikan tubuh dan bisa menyebabkan gejala vertigo kambuh. Pastikan untuk minum banyak air sepanjang hari. Waspadai situasi di mana kamu kehilangan lebih banyak air daripada biasanya, seperti di gym atau di luar pada hari musim panas. 

    3. Defisiensi vitamin D 


    Satu penelitian menunjukkan bahwa orang yang menderita vertigo dapat mengalami kekurangan vitamin D. Sementara penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengonfirmasi korelasinya. Penelitian ini menunjukkan bahwa pasien yang diberi suplemen vitamin D berhenti mengalami serangan vertigo. 

    4. Rehabilitasi vestibular 


    Rehabilitasi vestibular juga disebut pelatihan rehabilitasi vestibular atau VRT, adalah bentuk "pelatihan ulang otak". Ini melibatkan pelaksanaan program latihan khusus yang mendorong otak untuk beradaptasi dengan pesan abnormal yang dikirim dari telinga. 

    Selama VRT, kita tetap bergerak meskipun merasa pusing dan vertigo. Dengan mengandalkan sinyal lain, otak meminimalkan rasa pusing dan membantu menjaga keseimbangan. 

    5. Proklorperazin 


    Obat ini membantu meredakan mual dan muntah parah yang berhubungan dengan vertigo. Ia bekerja dengan menghalangi efek bahan kimia di otak yang disebut dopamin. Proklorperazin dapat menyebabkan efek samping, termasuk tremor (gemetar) dan gerakan tubuh dan wajah yang tidak normal atau tidak disengaja. Itu juga bisa membuat beberapa orang merasa mengantuk. Selengkapnya, tentu bisa ditanyakan kepada dokter saat obat ini diresepkan.

    6. Antihistamin 


    Dapat digunakan untuk membantu meringankan gejala mual, muntah, dan vertigo yang tidak terlalu parah. Mereka bekerja dengan menghalangi efek bahan kimia yang disebut histamin.

    Sakit kepala, mengantuk, dan sakit perut juga merupakan efek samping yang mungkin terjadi. Tetap konsultasikan dengan dokter bila akan mengonsumsi obat-obatan.

    Bila suatu saat vertigo menyerang, coba rileks dan tinggalka semua aktivitas sejenak. Cari posisi yang nyaman untuk bersandar dan istirahat sebentar. Atau bisa juga mencari tempat yang tidak terlalu terang dan pejamkan mata agar mual dan sensasi berputarbakibat vertigo hilang. Dok Medcom.id

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id