grafis
 

    5 Hal yang Dapat Memicu Stres saat Bekerja di Rumah

    30 Maret 2021 08:18 WIB
    Jakarta: Pandemi covid-19 memberikan dampak yang sangat luar biasa, salah satunya adalah kebijakan mengenai work from home (WFH). Kebijakan WFH ini dilakukan dalam rangka pencegahan dan menekan laju penularan covid-19. Meskipun bekerja dari rumah, bukan berarti kamu bisa merasa lebih santai.

    Ada beberapa hal yang justru bisa memicu kamu merasa stres ketika bekerja dari rumah, diantaranya:

    Materi pekerjaan yang berserakan

    Menurut terapis Weena Cullins, alat-alat yang digunakan untuk bekerja harus memiliki tempat tersendiri dan jangan sampai berserakan. Kertas-kertas yang menumpuk dan berantakan, dapat memicu stres. Untuk itu, usahakanlah untuk membereskan alat-alat atau benda yang berkaitan dengan pekerjaan.

    Mark Loewen, seorang terapis dan pendiri LaunchPad Counseling, mengatakan bahwa kekacauan memberi pikiran kita lebih banyak informasi visual untuk diproses. "Dengan mengosongkan ruang, kamu juga mengistirahatkan pikiran," katanya.

    Pencahayaan yang kurang 

    Cullins mengatakan bahwa ruang kerja dengan pencahayaan yang tidak memadai dapat membuat tugas tertentu sulit diselesaikan. "Menambahkan lampu, sconce dinding, atau lampu langit-langit dapat membantu mengurangi stres yang dirasakan ketika sedang melakukan pekerjaanmu," tuturnya.
     
    Menggunakan tempat yang sama dengan tempat bersantai

    “Bagi beberapa orang, mungkin sangat sulit untuk memisahkan pekerjaan dari kehidupan pribadi mereka," kata terapis Ariel Sank. 

    Dengan menciptakan area terpisah untuk bekerja dan bersantai, kamu tidak hanya menciptakan pemisahan fisik tetapi juga pemisahan mental dari keduanya.

    Menggunakan furnitur yang sudah usang

    "Dekorasi yang sudah ketinggalan zaman atau furnitur yang rusak bisa menurunkan semangat kita saat bekerja," kata Ahrens. 

    Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mendekor ulang atau membeli meja kerja baru agar bisa menimbulkan semangat ketika sedang bekerja.

    Rumah yang berantakan 

    Rumah yang berantakan, seperti barang-barang yang tidak berada pada tempatnya atau renovasi rumah yang belum selesai juga bisa memicu stres.

    “Ketika kita dikelilingi oleh barang-barang yang seharusnya tidak ada disitu atau barang-barang yang tidak membuat kita tenang maka dapat menimbulkan semacam respons stres, sehingga kita cenderung menghabiskan lebih sedikit waktu di ruang itu,” jelas Ahrens. dok Medcom.id

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id