grafis
 

    Vaksinasi Nasional untuk Indonesia Lebih Baik

    11 Juni 2021 09:26 WIB
    PRESIDEN Joko Widodo mengunjungi sejumlah lokasi pelaksanaan vaksinasi massal covid-19 yang ditujukan khusus bagi para tenaga transportasi di Jakarta, Kamis, 10 Juni 2021.

    Kepala Negara mengatakan pemberian vaksin bagi masyarakat transportasi menjadi prioritas. Pasalnya, kawasan pusat transportasi merupakan salah satu daerah yang memiliki tingkat ancaman penyebaran covid-19 yang besar karena tingginya mobilitas masyarakat.

    “Kemungkinan bagi para pekerja untuk tertular covid-19 sangat tinggi karena mereka berinteraksi dengan penumpang kapal, dengan ABK yang ada di kapal,” ujar Jokowi saat berada di Pelabuhan Tanjung Priok.

    Sebanyak 1.000 pekerja menjadi target vaksinasi covid-19 di Pelabuhan Tanjung Priok dengan sasaran tenaga bongkar muat, sopir, kernet, dan pelayan publik lainnya. Pemberian vaksin menyasar 10.000 orang dalam 10 hari ke depan.

    Selain Pelabuhan II Tanjung Priok, Presiden juga mengunjungi Terminal Bus Kampung Rambutan dan Pelabuhan Sunda Kelapa.

    Di Terminal Kampung Rambutan, vaksinasi covid-19 diberikan kepada sekitar 1.000 pekerja yang terdiri atas sopir, kernet, petugas loket, dan pedagang di sekitar terminal. Kegiatan tersebut akan berlangsung hingga 12 hari ke depan. Adapun di Pelabuhan Sunda Kelapa ditargetkan tercapai vaksinasi pada 4.000 orang hingga sepekan ke depan.
     
    Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap vaksinasi massal yang dilakukan di simpul-simpul transportasi itu bisa mendongkrak kepercayaan diri dan rasa aman para pekerja publik.

    Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menjelaskan operator angkutan umum dapat mengajukan daftar dan jumlah karyawan untuk mendapatkan vaksinasi covid-19 kepada Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Setelah itu, Dishub DKI Jakarta akan melakukan verifi kasi data.

    Setelah disetujui, para pekerja itu dapat mendatangi lokasi vaksinasi di Terminal Kampung Rambutan. “Sentra vaksin untuk pekerja transportasi kita adakan di sini saja, tidak ada di terminal lain,” paparnya.

    Kejar herd immunity
    Kamis, kasus terkonfirmasi positif covid-19 bertambah 8.892 orang dan itu menjadikan total kasus covid-19 di Tanah Air di angka 1,88 juta orang. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan pihaknya berupaya mempercepat vaksinasi pada kelompok prioritas berisiko terpapar covid-19.

    Sejauh ini, mereka yang sudah divaksin terdiri atas para tenaga kesehatan, petugas layanan publik, guru dan tenaga pendidik, penduduk lanjut usia di atas 60 tahun, pralansia di atas 50 tahun, kaum disabilitas, orang dengan gangguan jiwa, seniman, budayawan, dan pedagang pasar. Kini, vaksinasi juga sudah bisa diberikan kepada penduduk berusia di atas 18 tahun.

    Dari data per 10 Juni 2021, masyarakat yang telah menerima satu dosis vaksin covid-19 mencapai 19 juta orang dan yang sudah lengkap dua dosis mencapai 11,5 juta orang. Pemerintah Indonesia menargetkan sasaran vaksinasi covid-19 di tahap pertama sebanyak 40.349.049 orang. Dok Media Indonesia

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id