comscore
grafis

Kenali Beda Penularan Cacar Monyet dan Cacar Air

06 Agustus 2022 09:52 WIB
Jakarta: Penyakit cacar monyet mulai masuk ke Ineondia. Diduga ada seorang warga asal Jawa Tengah mengalami suspek penyakit cacar monyet.

Cacar monyet adalah infeksi virus monkeypox, yaitu virus yang termasuk dalam kelompok Orthopoxvirus. Cacar monyet atau monkeypox pertama kali muncul di negara Republik Demokratik Kongo pada 1970. 

Cacar monyet awalnya menular dari hewan ke manusia melalui cakaran atau gigitan. Hewan yang biasanya membawa virus ini adalah tupai, monyet, atau tikus yang terinfeksi monkeypox. Tetapi, cacar monyet juga bisa menyebar antarmanusia melalui percikan liur yang masuk ke mata, mulut, hidung, atau luka di kulit.

"Secara teoritis penyebaran utamanya melalui kontak cairan tubuh pasien, baik dari cacarnya atau dari droplet," ujar Ahli Mikrobiologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Amin Subandrio, dalam sebuah tayangan di Youtube, Kamis, 4 Agustus 2022.

Selain itu, penularan cacar monyet juga bisa terjadi melalui benda yang terkontaminasi seperti pakaian penderita. Namun, penularan dengan jenis ini akan membutuhkan kontak yang lama.

Perbedaan dengan cacar air

Penderita cacar monyet akan mengalami perbedaan dengan penderita cacar air. Cairan yang terkandung di dalam penderita cacar monyet berbeda-beda dan sewaktu-waktu bisa berubah.

"Cairan yang ada di dalam cacar monyet akan berubah menjadi nanah. Setelah nanah pecah baru berubah menjadi krusta dan masuk pada masa penyembuhan,” ujar dr Kurnia Soebagio dalam tayangan YouTube SMC RS Telogorejo.

Cacar air masih misteri

Dilansir dari cdc.gov, cacar air atau chickenpox disebabkan oleh virus variola yang dapat sangat mudah menyebar dari satu orang ke orang lain. Asal usul cacar ini tidak diketahui pasti. Namun, temuan ruam seperti cacar pada mumi Mesir menunjukkan cacar telah ada setidaknya selama 3.000 tahun.

"Berbeda dengan cacar monyet, cacar air lebih ringan daripada cacar monyet. Pada cacar monyet ada pembengkakan kelenjar limfe, sedangkan cacar air tidak,” kata dr Kurnia.

Cara penularan cacar air

Cacar air menular dan mudah berpindah dari orang ke orang melalui kontak langsung. Misalnya melalui air liur dan ciuman. 

Bisa juga melalui kontak tidak langsung yang berasal dari cairan luka yang menempel pada benda-benda. Cacar air juga dapat ditularkan melalui cairan yang terkontaminasi yang dihasilkan saat batuk dan bersin. Dok: Medcom.id/Gaya

(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id