grafis
 

    Tata Cara Salat Id di Rumah

    21 Mei 2020 09:01 WIB
    Jakarta: Kehadiran hari raya Idulfitri 1441 Hijriah tinggal menghitung hari. Dalam suasana penuh keprihatinan lantaran melandanya wabah korona (covid-19), masyarakat muslim diimbau tetap melaksanakan salat Idulfitri di rumah, baik sendirian, maupun berjemaah bersama keluarga.
     
    Meskipun begitu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) tetap membolehkan masyarakat salat Idulfitri secara berjemaah di tanah lapang, masjid, musala, atau tempat lainnya. Akan tetapi, ketentuan ini hanya berlaku bila kawasan tersebut sudah terkendali dari korona pada 1 Syawal 1441 Hijriah.
     
    Dalam mazhab Syafi’i, hukum salat Idulfitri adalah sunahmuakkadah dan sangat dianjurkan dilaksanakan berjemaah. Imam Syafi’i dalamAl-Umm menyatakan:

    “Salat tathawu’ terbagi dua, yakni yang dilaksanakan berjemaah dan yang sendiri-sendiri. Adapun salat sunah yang sangat dianjurkan berjemaah tidak diperkenankan untuk meninggalkannya bagi yang mampu melaksanakannya, yaitu salat dua hari raya, gerhana matahari dan bulan, serta shalat Istisqa.”
     
    Akan tetapi jika berhalangan salat berjemaah karena suatu uzur tertentu, diperbolehkan salat Idulfitri sendirian. Abu Hasan Ali Al-Bagdadi dalam Al-Iqna’ fil Fiqh Asy-Syafi’i mengatakan:
     
    “Dan hendaklah melaksanakan salat dua hari raya dalam keadaan mukim maupun bepergian, baik dengan berjemaah maupun sendiri-sendiri.”
     
    Salat Id berjemaah bersama keluarga diperbolehkan. Hal ini sebagaimana dilakukan sahabat Anas bin Malik Ra.
     
    Dari Ubaid bin Abi Bakr bin Anas bin Malik, ia berkata, bahwasanya Anas apabila tidak menghadiri salat Id bersama imam, ia mengumpulkan keluarganya kemudian salat bersama mereka sebagaimana salat Id-nya imam. (HR Baihaqi)
     
    Dalam Bidayatul Mujtahid disebutkan orang yang melewatkan salat Id berjemaah dengan imam, baginya untuk mengqada salatnya sebagaimana imam, yakni dengan takbir di tiap-tiap rakaatnya, juga dengan mengeraskan suara. Pendapat ini dipegang Imam Syafi’i dan Abu Tsaur.

    (AEQ)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id