grafis
 

    Vaksinasi Warga Umum Dimulai Juli

    07 April 2021 07:23 WIB
    SETELAH kelompok usia prioritas dan pekerja terkait pelayanan publik selesai divaksinasi, pemerintah akan memulai vaksinasi covid-19 bagi masyarakat umum pada Juli 2021. 

    Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan progres vaksinasi per Senin, 5 April 2021 sudah mencapai 12,7 juta suntikan untuk seluruh Indonesia sejak 13 Januari 2021.

    “Dari jumlah suntikan vaksinasi covid-19, Indonesia berada di posisi 8 tertinggi dunia dan di posisi 4 dunia di antara negara-negara nonprodusen vaksin di bawah Brasil, Turki, dan Jerman,” kata Menkes dalam acara CIMB Niaga Forum, Selasa, 6 April 2021.

    Per hari, lanjutnya, Indonesia melakukan 15 ribu suntikan vaksin covid-19 atau sekitar 2,5 juta suntikan dalam seminggu atau 10 juta suntikan per bulan. Budi mengatakan kecepatan vaksinasi sudah on track sesuai ketersediaan vaksin.

    Lebih lanjut, ia menjelaskan laju vaksinasi covid-19 mendatang tidak secepat sebelumnya. Pasalnya, telah terjadi embargo di beberapa negara produsen vaksin.

    “Sebab terjadi lonjakan kasus covid-19 di sejumlah negara Eropa, Asia, dan Amerika Selatan, seperti India, Filipina, Papua Nugini, dan Brasil,” ujarnya.

    Akibatnya, negara-negara yang memproduksi vaksin tidak membolehkan ekspor. Vaksin hanya boleh dipakai di negara masing-masing. Hal itu telah memengaruhi ratusan negara di dunia, termasuk Indonesia.

    Pada Maret-April ini, imbuh Budi, Indonesia memiliki stok, rencananya 15 juta vaksin per bulan. Dengan begitu, bisa dilakukan 500 ribu suntikan vaksin per hari.

    Namun, karena lonjakan kasus di India, Indonesia kehilangan 10 juta dosis yang seharusnya diperoleh dari GAVI. Dari sebelumnya direncanakan mendapat 11,7 juta dosis dari mereka, menjadi hanya 1,4 juta dosis.

    “Di April ini akan sangat sulit karena vaksinnya sedikit. Namun, di Mei nanti produksi Bio Farma bisa meningkatkan stok kembali sehingga laju bisa kami tingkatkan,” tandas Menkes.

    Diperpanjang
    Pemerintah kembali memper panjang masa pemberlaku an pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro. Perpanjangan berlaku mulai kemarin hingga 19 April 2021.

    Wilayah penerapan PPKM mikro pun diperluas dengan tambahan lima provinsi, yaitu Aceh, Riau, Sumatra Selatan, Kalimantan Utara, dan Papua.

    Perpanjangan PPKM mikro itu dikuatkan dengan dikeluarkannya Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2021 yang ditandatangani oleh Mendagri Tito Karnavian pada Senin, 5 April 2021 malam.

    Secara terpisah, Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya mengata kan perlu konsistensi dan ketegasan dalam pelaksanaan PPKM mikro untuk mengakse le rasi upaya pengendalian penyebaran covid-19 di Tanah Air.

    Sementara itu, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, didampingi Ma naging Director President Offi ce Sinar Mas Land Dhony Rahajoe, kema rin meninjau pelaksanaan program vaksinasi covid-19 bagi para pedagang dan pengelola di Pasar Modern BSD City dan ITC BSD.

    Vaksin untuk Indonesia
    Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus", tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.

    "Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.

    Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20:05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial. dok Media Indonesia

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id