foto
 

    Pesona Danau Kelimutu di Ende Flores

    20 Oktober 2020 14:52 WIB
    Kupang: Pesona danau Kelimutu di Taman Nasional Kelimutu, Ende Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

    Taman Nasional Kelimutu seluas 5.3356,50 hektar, terdapat tiga kawah danau yang berada di ketinggian 1.500-1731 meter di atas permukaan laut, Keunikan danau tiga warna Kelimutu menjadi ikon pariwisata di kabupaten Ende yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara maupun domestik.

    Kelimutu merupakan gabungan kata dari "keli" yang berarti gunung dan kata "mutu" yang berarti mendidih. Menurut kepercayaan penduduk setempat, warna-warna pada danau Kelimutu memiliki arti masing-masing dan memiliki kekuatan alam yang sangat dahsyat.

    Danau atau Tiwu Kelimutu di bagi atas tiga bagian yang sesuai dengan warna - warna yang ada di dalam danau. Danau berwarna biru atau "Tiwu Nuwa Muri Koo Fai" merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal. Danau yang berwarna merah atau "Tiwu Ata Polo" merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang telah meninggal dan selama ia hidup selalu melakukan kejahatan/tenung. Sedangkan danau berwarna putih atau "Tiwu Ata Mbupu" merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal. MI/Sumaryanto Bronto


    (KHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id