foto
 

    Perluas Penyaluran KUR Bagi UMKM, Pemerintah Gandeng Platform Digital

    23 September 2020 16:48 WIB
    Jakarta: Pemerintah memperluas penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mitra platform digital yaitu GoJek, Grab Indonesia, Tokopedia, dan Shopee dengan pelonggaran beberapa kebijakan. Penyaluran kredit ini bekerja sama dengan Bank BRI, BNI, dan Bank Mandiri sebagai bank penyalur KUR.

    Acara penyaluran KUR bagi UMKM Mitra Platform Digital tersebut digelar di Kantor Kemenko Perekonomian, Rabu, 23 September 2020.

    Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan dalam rangka meningkatkan peran UMKM sebagai pengungkit pertumbuhan ekonomi dan penyerap tenaga kerja pada masa pandemi Covid-19, pemerintah telah mengeluarkan beberapa kebijakan yang longgar untuk pembiayaan UMKM.

    Menurutnya, pelonggaran kebijakan KUR tersebut merupakan bagian dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang bertujuan untuk memperkuat daya beli (demand) dan produksi (supply).

    Selain itu, Pemerintah juga menunda penetapan target penyaluran KUR sektor produksi tahun 2020 yang sebelumnya ditetapkan sebesar 60%, sehingga penyaluran KUR untuk sektor perdagangan tidak dibatasi lagi maksimum 40%.

    Penundaan penetapan target sektor produksi ini rencananya akan dilaksanakan sampai dengan 2021 atau sewaktu-waktu sesuai perkembangan kondisi perekonomian. ANTARA Foto/Puspa Perwitasari

    (KHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id