foto
 

    Geliat Usaha Pengolahan Bandeng Presto Juwana

    24 Oktober 2020 08:15 WIB
    Pati: Juwana adalah salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Pati, Jawa Tengah dan terletak di jalur pantai utara Jawa (Pantura). Juwana terkenal dengan industri kerajinan kuningan dan juga Usaha Pengolahan Ikan (UPI) khususnya pengolahan ikan Bandeng Presto.

    Bandeng Presto adalah olahan ikan bandeng yang dimasak dengan Panci Presto atau pressure cooker dengan cara kerja menggunakan air yang dipanaskan sehingga menghasilkan uap yang bertekanan tinggi yang dapat membuat daging ikan menjadi empuk dan durinya menjadi lunak.

    Bandeng Presto pertama diproduksi pada 1977 oleh Hanna Budimulya yang lahir di Pati, awalnya diproduksi dalam skala kecil namun seiring waktu banyak digemari masyarakat sehingga produksinya semakin lama semakin berkembang.

    Proses pembuatan bandeng presto pertama ikan bandeng dibumbui dengan bawang putih, kunyit, dan garam, kemudian ikan bandeng yang sudah diberi bumbu dibungkus daun pisang, setelah itu dimasukkan ke dalam panci presto dan dikunci rapat dan diatur tekanannya, lalu ikan bandeng akan matang secara merata.

    Pemasaran bandeng presto sendiri meliputi pasar- pasar tradisional di Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, dan Kota Jakarta dengan harga Rp8000 per kotak (isi 3-4) untuk bandeng masak dan Rp8000-10.000 per kotak (isi 2) untuk bandeng goreng.

    Meskipun pandemi covid-19 melanda dunia dan melumpuhkan perekonomian namun tidak terlalu berpengaruh pada bisnis pengolahan ikan bandeng di tempat tersebut dan masih berproduksi karena permintaan produk olahan ikan bandeng presto relatif stabil dengan harga yang relatif terjangkau.

    Kepala Seksi Bina Mutu dan Usaha Perikanan DKP Kabupaten Pati Sriwati mencatat, pada tahun 2020 tercatat ada 40 Usaha Pengolahan Ikan (UPI) yang tersebar di Kecamatan Juwana dan terbanyak di Desa Dukuhtalit dengan berbagai kapasitas produksi antara 10-30 kilogram per hari untuk skala pengolahan kecil dan 30-50 kilogram skala pengolahan sedang dan di atas 50 kilogram untuk skala pengolahan besar.

    Berbagai upaya pemerintah kabupaten setempat untuk memajukan Usaha Pengolahan Ikan (UPI) yaitu dengan memberikan pembinaan dan pelatihan cara pengolahan ikan yang baik dan benar kepada kelompok pengolah dan pemasar ikan terutama pengolah bandeng presto. 

    Sementara pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sudah memberikan bantuan sarana dan prasarana pengolahan ikan seperti cheese freezer, panci presto, cool box, dan sarana pengolahan lainnya serta berbagai bibit ikan sebagai upaya untuk peningkatan produksi perikanan di Kabupaten Pati.

    Pemerintah setempat berharap pengolahan ikan Bandeng Presto di Juwana tidak hanya berproduksi skala rumah tangga saja tetapi berkembang menjadi berproduksi skala industri di masa mendatang, karena keberadaan Usaha Pengolahan Ikan (UPI) itu banyak menyerap tenaga kerja serta mampu mendongkrak perekonomian warga menjadi semakin baik. ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id