comscore
foto

Foto: Chanathip Songkrasin Jadi Pemain Terbaik Piala AFF 2020

02 Januari 2022 10:13 WIB
Singapura: Chanathip Songkrasin dinobatkan sebagai MVP atau Pemain Terbaik Piala AFF 2020. Sang kapten Thailand yang berkarier di Hokkaido Consadole Sapporo ini juga menyandang status sebagai pencetak gol terbanyak alias top skor Piala AFF 2020 beserta 3 pemain lain, termasuk Teerasil Dangda.

Chanathip adalah andalan Thailand di lini tengah. Dalam formasi 4-2-3-1 yang dipakai pelatih Aleksandr Ploking, Chanathip dimainkan di posisi nomor 10, di belakang Teerasil Dangda sebagai striker.

Dia sukses melajukan Thailand sedari fase grup yang punya rekor sempurna, empat kemenangan dan tanpa kebobolan. Di fase grup, Chanatip bikin satu gol.

Ketajamannya baru muncul ketika menghadapi Vietnam di semifinal. Pemain klub J-League Consadole Sapporo itu membuat dua gol yang membawa Thailand menang 2-0 di leg pertama atas juara bertahan.

Lalu, satu gol lagi dibuat Chanathip pada laga final menghadapi Indonesia. Di leg pertama, Chanathip membuat gol cepat di menit kedua yang meruntuhkan kepercayaan diri Indonesia dan akhirnya menang 4-0.

Pada leg kedua di National Stadium Singapore, Sabtu, 1 Januari 2022, malam WIB, Chanathip memang tidak bikin gol atau assist. Dia bahkan menerima kartu kuning selama 90 menit di lapangan.

Tapi, itu tak menghalangi Chanathip untuk dinobatkan sebagai Most Valuable Player (MVP) Piala AFF 2020. Sebab, Chanathip juga jadi top scorer bersama Teerasil Dangda dengan empat gol.

Bagi Chanathip, ini adalah gelar MVP Piala AFF ketiganya setelah di 2014 dan 2016. Ban kapten yang berada di lengannya membuktikan bahwa Chanathip memang nyawa Elephant War. AFP Photo/Roslan Rahman

(KHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id