foto
 

    La Masia Akhirnya Buka Pintu untuk Pesepak Bola Wanita

    09 November 2021 12:04 WIB
    Jakarta: Ketika Claudia Riumallo Pineda bangun, tidak butuh waktu lama baginya untuk mengetahui di mana dia berada. Dari jendela kamar tidurnya, dia dapat melihat Stadion Johan Cruyff di dalam tempat latihan Ciutat Esportiva Barcelona, ??tempat dia bermimpi suatu hari bermain untuk tim utama wanita.

    Dia berada di jalur yang benar. Pemain berusia 18 tahun itu adalah satu dari sembilan perintis yang musim ini menjadi pemain wanita pertama yang mendaftar di La Masia, akademi sepak bola terkenal Barca dan tempat pembuktian bagi orang-orang seperti Lionel Messi, Andres Iniesta, dan Xavi Hernandez.

    Sejak dibuka pada 1979 sebagai rumah tua di sebelah Camp Nou, La Masia tidak pernah memiliki penghuni wanita.

    Tapi tim wanita telah mengetuk pintu untuk waktu yang lama, dengan Barcelona Femeni memenangkan Liga Champions, Liga Femenina dan Copa de la Reina musim lalu.

    "Tahun ini mereka telah memberi kami La Masia, yang merupakan hadiah," kata Claudia, yang selama bertahun-tahun harus menempuh perjalanan satu jam dengan mobil dari kotanya di Girona hanya untuk bisa berlatih dengan gadis-gadis.

    Setelah bermain untuk rival lokal Espanyol, dia sekarang mewakili Barca B dan di sore hari belajar kimia di universitas.

    Terguncang oleh krisis keuangan dan kepergian Messi yang tak terduga, sebagian besar kabar baik di sekitar klub akhir-akhir ini datang dari tim wanita.

    Selain treble musim lalu, kapten Barca Alexia Putellas terpilih sebagai pemain terbaik UEFA tahun ini dan sekarang juga dinominasikan, bersama dengan empat rekan setimnya, untuk Ballon d'Or Wanita.

    "Ini adalah tanggung jawab besar karena kami adalah pionir, tetapi juga menyenangkan mengetahui bahwa Anda adalah salah satu wanita pertama yang pergi ke La Masia," kata Laura Coronado, penjaga gawang berusia 18 tahun.

    Foto Coronado, seperti foto 105 lainnya di La Masia yang tersebar di lima olahraga profesional klub, kini tergantung di resepsi kompleks yang lebih modern yang mengambil alih dari aslinya pada tahun 2011.

    Gavi, permata terbaru dari tim putra, tiba ketika dia berusia sebelas tahun dan terus tinggal di sana. Ansu Fati yang berusia 19 tahun juga merupakan mantan La Masia.

    "Hal baik yang kami miliki di klub ini adalah cerminnya sangat jelas," jelas Markel Zubizarreta, direktur olahraga Barcelona Femeni. "Kami hanya perlu melihat sisi pria untuk melihat apa yang harus kami tuju." AFP PHOTO/Pau barrena

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id