comscore
foto

Pengumuman! Jersey 'Tangan Tuhan' Maradona akan Dilelang

07 April 2022 11:12 WIB
Jakarta: Jersey tim nasional Argentina yang dipakai Diego Maradona saat mencetak gol 'Tangan Tuhan' ke gawang Inggris di Piala Dunia 1986 akan dilelang di akhir bulan ini.

Jersey bernomor punggung 10 tersebut diperkirakan laku dengan mencapai harga 4 juta poundsterling (sekira Rp75,1 miliar), demikian disampaikan balai lelang Sotherby pada Rabu, 6 April 2022.

Jersey itu saat ini dimiliki oleh mantan gelandang Inggris Steve Hodge yang bertukar dengan Maradona setelah Tim Tango meraih kemenangan 2-1. Dua gol Argentina dicetak oleh Maradona.

Selain gol 'Tangan Tuhan', Maradona juga mencetak gol individual menawan, yang oleh banyak kalangan dianggap sebagai salah satu gol terbaik sepanjang masa.

Hodge sendiri turut bertanggung jawab atas gol 'Tangan Tuhan' Maradona. Umpan baliknya dikejar oleh Maradona yang berhasil mendahului kiper Peter Shilton, dan kemudian menjangkau bola dengan tangannya untuk mencetak gol.

Maradona bukan saja sukses mengelabui Shilton tetapi juga seluruh wasit dan hakim garis yang meyakini bahwa ia menyundul bola menggunakan kepala dan meski tayangan ulang memperlihatkan ia memakai tangannya.

Selepas Maradona meninggal pada 2020, Hodge sempat mengatakan bahwa jersey 'Tangan Tuhan' itu tidak akan dijualnya.

Jika terjual nanti, jersey 'Tangan Tuhan' Maradona berpotensi melampaui harga jersey timnas Brasil yang dikenakan Pele di final Piala Dunia 1970 sebagai jersey termahal dalam pelelangan, seturut catatan Guiness Wolrd Records.

Ketika dilelang pada 2002, jersey milik Pele itu terjual seharga 157.750 poundsterling (sekira Rp2,9 miliar), lebih dari tiga kali lipat dibandingkan harga perkiraan awal. AFP PHOTO/Sotheby's/Juan Mambromata

(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id