Tahun Ini RI Bakal Punya Proyek Industri Ramah Lingkungan Terbesar di Dunia

    Eko Nordiansyah - 07 Mei 2021 19:10 WIB
    Tahun Ini RI Bakal Punya Proyek Industri Ramah Lingkungan Terbesar di Dunia
    Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan investasi Luhut Binsar Pandjaitan - - Foto: Medcom



    Jakarta: Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan Indonesia akan membangun proyek industri ramah lingkungan terbesar di dunia tahun ini. Proyek pembangkit hydropower tersebut berlokasi di Kalimantan Utara.

    "Kita harap groundbreaking bisa dilakukan tahun ini dan di situ ada 11 ribu megawatt yang akan bisa kita gunakan," kata dia dalam webinar di Jakarta, Jumat, 7 Mei 2021.

     



    Ia menambahkan, proyek industri ini akan terintegrasi dan menjadi yang terbesar di dunia dengan luas mencapai 12.500 hektar. Menurut dia, proyek ini akan menjadi salah satu percontohan dalam pengembangan industri terintegrasi berbasis net zero emission.

    Luhut menyebut, pemerintah menargetkan pada 2060 mendatang Indonesia bisa mencapai net zero emission. Namun target ini harus dicapai dengan perlahan mengurangi ketergantungan industri terhadap sumber energi fosil.

    "Hal ini tidak mungkin dicapai apabila kita masih tergantung dengan energi fosil. Oleh karena itu, upaya keras untuk melakukan transisi dari energi fosil menjadi energi baru terbarukan (EBT) jadi prioritas kita," ungkapnya.

    Saat ini, lanjut Luhut, seluruh dunia sudah memulai untuk membangun industri yang ramah lingkungan. Dengan potensi EBT yang dimiliki oleh Indonesia, haris bisa menjadi sumber pembangunan energi hijau.

    "Dengan sumber EBT yang berlebihan, termasuk dari sektor kemaritiman pemerintah berkomitmen untuk memanfaatkannya guna melistriki industri produk hijau yang tengah kita kembangkan di berbagai daerah di Indonesia," pungkas dia.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id