Indonesia Green Summit 2021, Membela Kepentingan Nasional Menuju Net Zero Emission 2060

    Husen Miftahudin - 24 Juli 2021 15:00 WIB
    Indonesia Green Summit 2021, Membela Kepentingan Nasional Menuju <i>Net Zero Emission</i> 2060
    Poster forum diskusi Indonesia Green Summit 2021 - - Foto: Medcom



    Jakarta: Selain mengalami pandemi covid-19, dampak perubahan iklim global semakin dirasakan oleh masyarakat di berbagai belahan dunia. Berbagai negara juga telah sepakat mengatasi perubahan iklim dunia dengan berbagai cara, misalnya net zero emission dan green activity.

    Soal net zero emission, pemerintah bertekad untuk mencapainya pada 2060 atau lebih cepat. Hal itu dapat dicapai melalui picking emisi gas rumah kaca pada 2030, peningkatan energi terbarukan, hingga pengelolaan sampah sebagai sumber energi listrik.

     



    Indonesia sendiri berkomitmen untuk melaksanakan dan memitigasi perubahan iklim dengan target penurunan emisi gas rumah kaca sebesar 29 persen melalui upaya sendiri dan 41 persen dengan dukungan internasional.

    Sektor kehutanan menjadi penyumbang penurunan emisi gas rumah kaca yang tertinggi sebesar 17,2 persen. Diikuti oleh sektor energi 11 persen, limbah 0,38 persen, pertanian 0,32 persen, dan industri proses produksi 0,1 persen.

    Menyikapi hal tersebut, Media Group News (MGN) akan membahas upaya bersama untuk mewujudkan net zero emission 2060 dalam forum diskusi Indonesia Green Summit 2021. Acara ini akan digelar secara hybrid pada 26-27 Juli 2021 pada pukul 09.00-17.30 WIB.
     
    Mengangkat tema 'Membela Kepentingan Nasional Menuju Net Zero Emission 2060', forum diskusi ini akan dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar sebagai pembicara utama, serta CEO Media Group Mohammad Mirdal Akib.
     
    Sebagai narasumber, ada Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar, Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury, Wali Kota Bogor Bima Arya, Ketua Komisi VII DPR Sugeng Suparwoto, Wakil Ketua Komisi IV DPR Dedi Mulyadi, Dirjen Ketenagalistrikan Rida Mulyana, dan Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim KLHK Laksmi Dhewanthi.
     
    Kemudian Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) KLHK Rosa Vivien Ratnawati, Dirjen Pengelolaan Hutan Lestari KLHK Agus Justianto, Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan KLHK Bambang Supriyanto, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, Staf Khusus Menteri Perhubungan/Jubir Kemenhub Adita Irawati, Susi Pudjiastuti sebagai enterpreneur, pemangku kepentingan, serta pembuat kebijakan lainnya.
     
    Forum diskusi ini diharapkan mampu melahirkan kebijakan dan gagasan serta keputusan untuk mendukung pengendalian iklim dan net zero emission 2060. Bagi yang ingin ikut forum diskusi ini, bisa mendaftarkan diri di linktr.ee/mgneventregist untuk menyaksikan secara langsung melalui Zoom.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id